Site icon

Sinar Mas Land Hadirkan First Autonomous Vehicle di Green Office Park, BSD City

Sinar Mas Land Hadirkan First Autonomous Vehicle di Green Office Park, BSD City

Mungkin akhir-akhir ini kalian banyak melihat mobil bertenaga listrik yang bersliweran dijalan. Atau dievent-event pameran yang menyedot banyak animo masyarakat. Memang teknologi terkini makin canggih aja,yak. Rasanya pingin sih ikutan naik ke mobil-mobil canggih bertenaga listrik ini, pingin punya juga , tapi apa daya tabungan mungkin belum mencukupi atau memang buat anggaran yang lain. #kitasenaseb. Eits,…ga usah patah semaangat dulu gaez, ada peluang kok kamu bisa ngerasain kecanggihan menikmati tunggangan kendaraan dengan teknologi listrik yang dikenal dengan istilah  Autonomous Vehicle .

Kalau diterjemahkan , Autonomus Vehicle ini merupakan kendaraan pintar yang dapat mengemudi sendiri dari titik awal ke tujuan yang telah ditentukan dalam mode “autopilot” menggunakan berbagai teknologi dan sensor di dalam kendaraan, termasuk cruise control adaptif, kemudi aktif (kemudi dengan kabel), sistem pengereman anti-lock ( rem dengan kawat), teknologi navigasi GPS, laser dan radar.

Kalau kalian  mengikuti acara G20 di Bali lalu, Autonomous vehicle ini juga sempat dipamerkan loh di acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan pada tanggal 11 – 16 Nov 2022. Bisa jadi beberapa tahun kedepan , kendaraan otonom ini bisa menjadi moda transportasi andalan rendah emisi karbon untuk digunakan sebagai public transportation sehari-hari.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia saat meresmikan uji coba kendaraan listrik otonom di BSD City, Tangerang Selatan.

 

 Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Listrik Otonom di Kawasan BSD Green Office Park demi Tercapainya Green Mobility

Aku bener-bener salut dengan inovasi-inovasi yang terus-menerus diupayakan oleh Sinar Mas Land.Terlebih untuk ikut berkontribusi demi semakin berkurangnya pemanasan global yang sudah semakin mengkhawatirkan sekaligus dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun.

Sinar Mas Land telah berkomitmen dalam proyek pertamanya yaitu pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) sebagai First Autonomous Vehicle di Green Office Park,BSD City.
Untuk itulah autonomous electric vehicles (AV) dihadirkan di BSD City dalam rangka mewujudkan kota yang pintar sebagai salah satu kerakteristiknya yaitu menyediakan Infrastruktur Information and Communication Technologies (ICT) serta sistem transportasi publik yang aman dan inovatif  .Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu. 

Selanjutnya uji coba ini akan  dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.Wow, jangan dilewatin nih, buat kamu yang berada disekitarnya untuk mencoba green mobility di sebuah kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan seperti BSD City ini, gaes!

Baca juga: 5 Alasan DP Mall sebagai Mall Terlengkap di Semarang

Mengulik Lebih Jauh Sistem Transportasi Cerdas Bernama Navya Arma

Daripada bengong doang, kan lebih baik nambah wawasan dengan nongkrongin Bus Otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze, BSD City, ya kan? Sini-sini aku bisikin gimana sih kehebatan kendaraan yang bisa jalan sendiri tanpa sopir nih?

 

Navya Arma dan pengoperasiannya. (Sumber gambar: Dede Ariyanto)

 

Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri. Navya Autonom® Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

“Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”(Irawan Harahap-Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land )

 

Yuk Cobain Autonomous Vehicle di Green Office Park, BSD City

Naik Autonomous Vehicle Navya Arma di The Breeze kawasan BSD City (Sumber gambar: Harris Maulana)

 

Pemberhentian Autonomous Vehicle Navya Arma di The Breeze

 

Aaakk, tuh kan ,jadi mupeng deh pingin nyobain kecanggihan kendaraan otonom pertama yang ramah lingkungan ini. Ga usah bingung,gaes! Kalian bisa kok menjajal kehebatan Autonomous Vehicle ini naik dari Lobby Utama mall The Breeze yang berada di Green Office Park ,BSD City. Kamu sebagai calon penumpang cukup melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah naik kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di App Store maupun Google Playstore. Setelah isi survei, tinggal tunjukin aja QR codes-mu ke petugas dititik point kamu mau naik ,yaitu di Forest Lobby atau Waterfall Lobby, dan untuk drop offnya, kamu bisa turun di gate Ace Hardware atau gate Informa. Mudah bukan?
Tapi untuk anak-anak ada syarat tertentu nih yaitu tinggi badan minimal 120 cm dan didampingi oleh orangtua.
Yang unik,kendaraan dengan laju kecepatan 10km-30km/jam  ini ,meski auto pilot juga bisa digerakkan dengan instruksi alat semacam joystic loh gaez, haha..jadi kaya main games aja.

Pada tahap kedua ini, jadwal operasional AV setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.(Senin jadwal maintenance ya, jadi tidak beroperasi). Kamu bisa memilih jam 10.00-12.00, istirahat sejenak dianjutkan sesi kedua jam 13.30-17.00. Siapapun boleh banget mencoba kendaraan listrik otonom ini loh secara GRATIS!

Buat kalian yang ingin mencoba naik AV bisa loh sampai tanggal 21 December 2022. Selanjutnya, AV bakal dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tanggal 22 Desember 2022 sampai 04 Januari 2023. Catat tanggalnya gaez! Ajak aku ya, hihih…

Tips naik Navya Arma

 

Exit mobile version