Site icon

Workshop SEO Bersama Blogger di Rooms Inc

acara Workshop SEO di Rooms Inc

Tanggal 24 September kemarin diadakan acara Workshop SEO yang diperuntukkan buat para blogger Semarang di Rooms Inc Hotel Semarang. Acara ini diadakan oleh Sinar Mas Land yang dikomandoi oleh mas Harris Maulana dengan nara sumber Bang Tommy Sinaga.

Ternyata tidak hanya blogger Semarang saja yang hadir. Ada beberapa blogger yang dari luar kota ikut bergabung, seperti Mas Salman Faris dari Pemalang, Nyi Penengah dan suaminya dari Kendal, Mbak Lia Wahab dan Ibu Sri dari Kudus, dan masih banyak lagi.Seneng banget akhirnya bisa reunian lagi setelah setahun sebelumnya mengikuti acara serupa.

Seperti sebelumnya, acara Workshop yang mengambil tema optimasi SEO ini selalu menjadi favoritku, karena aku gaptek banget kalau sudah ngomongin SEO. Undangannya sih jam 9 pagi, dan aku sudah datang sekitar 15 menit sebelumnya. Lokasi acara berada disalah satu ruang pertemuan di Rooms Inc Hotel. Mengenali pintu masuk Rooms Inc Hotel cukup mudah, yaitu melalui area depan gate DP Mall yang berada dijalan Pemuda, nanti disebelah kiri area “drop off” pengunjung, ada pintu masuk menuju ke hotel Rooms Inc.

Dari sebelum memasuki pintu area ke lift, sudah ada 3 orang “front-doormen” yang menyapaku ramah. Rasanya ingin melambai-lambaikan tanganku bak  Miss Universe, halah. Lalu ada 2 lift berjajar , tinggal pencet huruf L untuk membawaku ke Lobby Hotel. Sebenarnya akses ke hotel juga bisa dicapai dari lantai 3 DP mall kok, tinggal pilih saja yang terdekat. Suasana cozy dengan didominasi warna biru beraksen kuning serta hitam menyambut kedatanganku melangkah menuju meja receptionis hotel. Lukisan Mural yang instagramable menambah keunikan hall sejauh mata memandang. Dekorasinya  unik bikin betah untuk hangout bersama yang tercinta.

Cerianya bisa bertemu dengan para blogger diacara Workshop SEO yang diadakan oleh Sinar Mas Land di Rooms Inc

Apa Sih SEO itu?

Search Engine Optimization (SEO) merupakan Teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.Dengan SEO, situs akan mudah user temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

 

Materi yang harus dipelajari ketika ngomongin masalah SEO

 

Apa Sih Manfaat dari Optimasi SEO?

Manfaat penerapan SEO pada website penting loh buat kita-kita para blogger. Gunanya adalah untuk mencapai  relevansi atau ketepatan target. Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung blog kita ke tujuan yang mereka inginkan dengan menginputkan kata kunci. Ini akan membuat website atau konten yang kita buat menjadi lebih sesuai dengan target yang diharapkan.

Siapa sih yang ga ingin tulisan yang kita tulis dengan mencurahkan pikiran, banyak dibaca orang, dan menimbulkan impact secara signifikan?

That’s why SEO mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website dan blog kita. Itu artinya, visitor tidak hanya asal mampir ke website. Tapi, juga ikut melancarkan kita dalam meraih tujuan website. Baik itu meningkatkan branding hingga mendongkrak angka transaksi. Wah, kece badai kalau target ini bisa dicapai ya. Harus banyak-banyak belajar nih tentang Optimasi SEO. #sentildirisendiri

Mempelajari Search Engine Optimization (SEO 2.0)

Cara kerjanya secara sederhana adalah:
1.Kita memublikasikan konten blog
2.Google akan “merayapi” situs blog kita untuk kemudian mereviewnya
3.Kemudian Google mengindeks  halaman situs blog kita
4.Jika konten yang kita bagi menjawab kebutuhan pengguna google, maka akan muncul di halaman pencarian

Contoh link Sinar Mas Land muncul dalam halaman pencarian Google

 

Berikut ini istilah yang wajib kita tahu dalam mengoptimasi blog kita dengan memperhatikan:

Algoritma Google

Untuk mengetahui bagaimana algoritma Google bekerja,kita juga harus mengamati apakah halaman blog mengalami penurunan ranking yang drastis? Maka hal yang harus kita lakukan adalah harus menilai konten kita apakah layak /mudah dibaca pembaca atau tidak.
Data performa Google Penelusuran adalah data yang paling banyak digunakan di Search Console, baik melalui Laporan performa maupun Search Analytics API.

Dasar-dasar performa Penelusuran
Laporan performa berisi empat metrik yang menunjukkan perubahan traffic penelusuran Anda dari waktu ke waktu,yaitu:

-Clicks: Jumlah klik pengguna dari hasil Google Penelusuran ke properti kita.
-Impressions: Frekuensi pengguna melihat properti kita di hasil penelusuran Google.
-CTR (Rasio klik-tayang): CTR untuk mengukur iklan, listingan, dan kata kunci mana yang berhasil untuk kita dan mana yang perlu ditingkatkan.

-Jumlah klik dibagi jumlah tayangan. Misalnya, jika artikel kita memiliki 5 klik dan 100 tayangan, CTR yang dihasilkan adalah 5%.
-Position: Posisi rata-rata di hasil penelusuran untuk URL, kueri, atau situs secara umum.

FYI, 75% pengguna Internet hanya memperhatikan hasil pencarian Google pada halaman pertama.

Manfaat Google Search Console untuk performa blog

GSC pada situs blog www.archabella.com

 

Untuk itulah ,kita butuh menautkan situs blog kita ke Google Search Console (GSC). GSC adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik blog memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs kita di hasil penelusuran Google.

Manfaat dari Google Search Console yang bisa kita peroleh:

  1. Memudahkan artikel agar cepat terindeks Google
  2. Bisa Membantu Disavow Backlink Negatif
  3. Memberikan report halaman mana saja yang error dan tidak terindeks Google
  4. Membantu Menemukan Keyword Populer Untuk Bisnis
  5. Mengetahui Asal Pegunjung
  6. Memberikan Notifikasi Jika Terjadi Error
  7. Bisa Digunakan Untuk Memeriksa Broken Link
  8. Submit Sitemap
  9. Sebagai Identifikasi Masalah Keamanan Situs
  10. Mentracking Kinerja Robots.txt
  11. Menentukan Negara Target Pembaca

Berikut langkah-langkah menambahkan website di akun google search console :

  1. Login akun gmail
  2. Akses url https://search.google.com/search-console/about
  3. Klik Start
  4. Kemudian Add Property pada dashboard GSC
  5. Kemudian Pilih kategori tipe property
  6. Klik Continue.

Kemudian artikel kita indeks supaya dirayapi Google, Berikut langkah-langkah request indexing ke google :

  1. Pilih URL Inspection
  2. Copy Paste URL detail konten
  3. Kemudian Klik REQUEST INDEXING
  4. Selesai

Jangan lupa tambahkan internal dan eksternal link dalam artikel kita dimana jika diklik akan mengarah ke landing pages link lainnya.

Alt images memang tidak terlihat dari sisi User Interface (UI) atau Front End.
Alt Images hanya bisa dilihat pada source code html dan ini bertujuan untuk membantu google meng-crawling halaman website.

Title tag & Description tag memberi tahu pengguna dan mesin telusur tentang topik halaman tertentu. Sebaiknya penulisan title maximal 65 karakter & deskripsi blog maximal 165 karakter. Sedangkan Description tag memberikan ringkasan konten halaman ke google dan mesin telusur lainnya.

Open Graph Meta Tags berfungsi untuk menampilkan Judul, Gambar, dan Deskripsi konten saat user bagikan / share ke platform sosial media mereka masing-masing. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dari link kita di media sosial dan bertujuan agar konten yang kita buat dapat dijangkau oleh banyak audiens.

 

 

Snippets merupakan ringkasan hasil penelusuran seperti google news :

Berikut cara membuat Snippets :

  1. Menambahkan data struktur ke situs / blog  untuk membantu google memahami halaman tersebut. Misalkan : ulasan, resep, bisnis.
  2. Menambahkan meta tag description untuk menghasilkan cuplikan.

Breadcrumb Optimization merupakan elemen penting karena :

  1. Dapat mempengaruhi pengalaman pengguna & membuat situs website lebih mudah digunakan dan dinavigasi.
  2. Membantu google memahami hierarki situs kita dan mendistribusikan pagerank ke seluruh situs website.

Domain Authority (DA) adalah metrik buatan Moz untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan website muncul di hasil pencarian Google.Semakin tinggi skor domain authority, semakin tinggi juga potensi website untuk mendapatkan ranking tinggi di Search Engine Result Pages SERP.

Cara Cek Domain Authority (DA) Sebagai Berikut :

  1. Kunjungi alamat website ahrefs https://ahrefs.com/website-authority-checker
  2. Kemudian masukkan alamat website
  3. Kemudian klik button Check Authority
  4. Sebagai Off Page SEO, jangan abaikan komen pada blog.

Blog Comments Berfungsi sebagai :

  1. Interactive user
  2. Komentar yang relevan sehingga akan menarik perhatian pemilik dan pengunjung blog yang lain akan tertarik membuka situs anda,Etc.

Sitemap.xml sebuah halaman yang memuat semua Informasi link yang ada di website. Misalkan Informasi kategori, Informasi halaman, informasi, post hingga informasi tag yang tercantum pada halaman sitemap.

Halaman 404 sangat diperlukan untuk memberitahu bahwa konten yang dicari tidak ada. Dan menggunakan meta tag noindex, nofollow supaya halaman ini tidak di crawl oleh google.

Google Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan teknologi yang mempercepat proses rendering pages atau loading page saat diakses oleh user.

Canonicalization URL atau canonical tags dapat menggabungkan sinyal link untuk halaman situs website yang serupa atau duplikat dan dapat mengelola konten yang bersekutu.

Tips :

 

 

Berikut contoh meta canonical tag disitus sinarmasland.com.

  1. Cara cek canocial sebagai berikut :
    Klik url https://www.sinarmasland.com/news/sinar-mas-land-raih-penghargaan-bci-asia-awards-top-10-developer
  2. Klik kanan pada mouse PC / laptop
  3. Kemudian pilih Inspect -> Elements
  4. Kemudian klik ctrl + F dan masukkan kata canonical
  5. Setelah semua selesai, data canonical akan muncul.

Dan yang tidak boleh lupa, pertimbangkan untuk menggunakan tanda hubung untuk memisahkan kata-kata di URL. Karena ini membantu pengguna dan mesin telusur mengidentifikasi konsep di URL dengan lebih mudah. Google menyarankan lebih baik  menggunakan tanda hubung (-) daripada garis bawah (_) di URL blog.

 

 

Koreksi Yang Harus Dilakukan tentang Materi SEO di Blog Masing-masing

Benar-benar bergizi materinya, karena aku diingatkan lagi bagaimana merawat blogku agar SEO-Friendly sehingga lebih mudah terindeks oleh Google. Kesimpulannya sih dari audit singkat yang dilakukan oleh bang Tommy, blogku memang butuh “perawatan ekstra” karena banyak kekurangan disana-sini yang menyebabkan kurang peka sama mesin pencarian. Dari penjabarannya, blogku butuh dikoreksi lagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan penerapan Technical SEO,antara lain yang kucatat :

  1. Penting untuk mengaktifkan Sitemap.xml,Robots.txt,404 page,Google AMP,Canonical Tags,struktur URL, Bloated CSS & JS File.
  2. Jangan lupa untuk menggunakan Secure Socket Layer  (SSL)
  3. Perhatikan jika ada broken link harus diminimalkan atau dihilangkan.
  4. Selalu tingkatkan performa website supaya traffic pengunjung juga meningkat.

Beruntung banget aku dapat ilmu lebih mendalam tentang SEO kemarin di acara yang diadakan oleh Sinar Mas Land. Jadi makin getol ngoprek blog yang seringkali “dirayapi laba-laba” alias jarang ditengok sampai berjaring supaya makin rutin ngeblog dengan menerapkan kaidah SEO yang benar.

Terima kasih buat bang Tommy A.Sinaga (Web Channel Coordinator) dan mas Harris Maulana (Public Relation Channel Section Head) dari Sinar Mas Land yang sudah mengadakan workshop tentang SEO ini.

Kalau kamu gimana nih? Sudahkah memahami tentang SEO? Ntar sama-sama belajar yuk, aku tunggu di Meet n’ Eat Resto Rooms Inc,…ahayyy

Sumber gambar: Materi Power Point  Workshop SEO Sinar Mas Land, koleksi pribadi

Exit mobile version