Site icon

Asus Vivobook Go 14 Laptop Tipis dan Ringan Terbaik Untuk Pelajar

Sebagai blogger, laptop merupakan salah satu “senjata” wajib yang harus dimiliki untuk memudahkan kinerja dalam meliput dan membagikan informasi dalam berbagai platform. Berhubung laptopku yang lama ini sudah lumayan jadul ,lebih dari 5 tahun lalu aku membelinya. Jadi sepertinya memang aku butuh untuk memperbaharuinya supaya lebih sat set sesuai teknologi jaman now. Maklum aja, laptopku yang lama walaupun sudah core i7, namun masih generasi ke-3. Kebayang kan ya, betapa jomponya.

Tapi, disatu sisi, beberapa waktu lalu, anak bontotku mengeluh juga, laptopnya sudah ga mendukung lagi untuk kinerjanya. Laptop ASUS yang dia pakai sekarang memang sudah lemot kalau buat ngerjain tugas-tugas dia yang berkaitan dengan laporan, membuat paper, pemrogaman yang simpel, dan sebagainya. Mungkin karena selain jadul, kapasitasnya sudah kurang mumpuni untuk dibebani dengan berbagai macam program yang sesuai dengan aktivitas dia sebagai pelajar.

Pertimbangan mamak jelata kaya aku ini sudah pasti karena kebutuhan sehari-hari ga cuma beli laptop doang, tentu saja harga juga menjadi pertimbangan utama dong ya. Jadi demi anak, mamak ngalah aja ya, atau kapan-kapan mamak juga bisa pinjem..hihi. Budgetnya sih kalau bisa jangan lebih dari 10 jutaan lah, syukur-syukur bisa separuhnya doang, lebih-lebih dikit, bolehlah! Ahaa…dan brand ASUS sebagai brand yang memang menguasai pasar Indonesia hingga 41% ini layak banget aku pilih lagi sebagai pilihan. Berbicara seri laptop ASUS Vivobook, tentu saja spesifikasinya berbeda dengan laptop gaming yak!

Kebetulan bulan Agustus 2023 lalu sudah rilis laptop yang sesuai dengan kriteria aku diatas, yaitu ASUS Vivobook Go 14 . Harganya juga terjangkau banget yaitu cuma diharga 6 jutaan aja, tetapi spesifikasinya sudah sangat menjawab kebutuhan yang aku cari. Makanya simak tulisanku berikut ini dan harga pastinya yang aku spill dibawah ya supaya kamu tau kenapa sih aku mengincar laptop yang satu ini.

ASUS Vivobook Go 14 Laptop Tipis dan Ringan Terbaik untuk Pelajar

Dari tampilan luarnya saja, Laptop Asus Vivobook Go 14 ini terlihat stylish,modern dan aku naksir dengan yang warna Cool Silver. Laptop ini hadir dengan 3 warna yang lain yaitu Mixed Black dan Green Grey. Suka kasian juga sih ya, liat anak sekolah jaman sekarang tasnya berat gegara bukunya tebal dan harus bawa juga yang lain-lainnya, makanya laptop tipis dan ringan sudah pasti masuk dalam opsiku sebelum membeli laptop.  Makanya ga salah jika ASUS memperkenalkan Vivobook Go 14 (E1404F) ini sebagai laptop thin and light entry-level terbaik.

Laptop ini memiliki dimensi 32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm dan berat 1.38 kg jadi cukup ringan untuk dibawa kemana-mana . Laptop yang memiliki layar 14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, dan Anti-Glare ini juga tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Yuk kita kulik satu persatu kehebatan laptop yang satu ini.

 

ASUS Vivobook Go 14 Dilengkapi Office Pre-Installed dan Windows 11

Biasanya kalau membeli laptop, adakalanya kita mengunduh windows bajakan demi menghemat . Padahal asal kalian tau, ini adalah salah satu penyebab program didalam laptop kita sering ngadat ataupun keluar malwarenya. Nah, daripada bikin laptop ga awet dan sering direstart melulu, Laptop ASUS  Vivobook Go 14 sudah hadir dilengkapi dengan Windows 11 Home. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari. Pas banget nih buat kebutuhan pelajar seperti anakku yang dengan mudah bisa menikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap  (Word, Excel dan PowerPoint)– termasuk Office Home & Student 2021. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan untuk selalu memiliki akses ke fitur yang disukai. Dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kamu.Asyik khan?!

 

 

Ditenagai Hardware Generasi Terbaru

Laptop 6 jutaan ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik sehingga hadir sebagai pilihan ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang memerlukan perangkat dengan performa tinggi.

Selain prosesor yang powerful, Vivobook Go 14 (E1404F) juga menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi, yang akan berkontribusi pada durasi baterai yang lebih tahan lama. Kapasitas memori yang besar ini juga memungkinkan multitasking yang efisien, memastikan bahwa kamu  bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang berarti.

Untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif.

Jadi tidak salah kalau aku menjatuhkan pilihan pada laptop seri ini karena kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat telah membuat Vivobook Go 14 (E1404F) tampil sebagai laptop yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi modern, sekaligus menawarkan keandalan dan efisiensi untuk pelajar dan blogger seperti aku ini.

 

Port Yang Komprehensif dan Engsel yang bisa dibuka 180º

Vivobook Go 14 dilengkapi dengan port I/O yang komprehensif. Terdapat port USB-C® 3.2 Gen 1, port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, port USB 2.0, output HDMI®, dan jack kombo audio sehingga memudahkan untuk menyambungkan semua periferal, layar, dan proyektor yang ada.

Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menggunakan layar beresolusi Full HD yang dapat dibuka hingga 180° sehingga  lebih nyaman saat digunakan untuk berbagi tampilan layar dengan orang disamping kita. Selain berguna saat laptop untuk pelajar ini dipakai bekerja kelompok, juga memudahkan penggunanya untuk sharing dan melakukan focus group discussion, hinge yang mampu dibuka hingga 180º juga menandakan bahwa engsel tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa.

 

 

Keyboard yang ErgoSense

Buat mengetik, kelebihan dari laptop Vivobook Go 14 ini adalah desain Keyboardnya. Tombol Key caps-nya sedikit melengkung menyesuaikan jari kamu ,dan jaraknya juga nyaman yang dinamakan ASUS ErgoSense. Tujuannya sih untuk mengurangi kelelahan pada jari. Tanpa disadari kita sudah berkurang kebiasaan menulis dengan tangan dibandingkan dengan mengetik bukan? Dan menariknya, dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard. Jadi kalau keadaan gelap, tombol pada keyboard bisa menyala,ga butuh lampu lagi sehingga bisa meminimalisir salah menekan huruf.

Untuk membuktikannya, kebetulan aku kemarin sempat menghadiri ASUS gathering dihotel Aruss ,Semarang,Selasa kemarin. Dan memang sudah kubuktikan sendiri bahwa performa dan fitur-fitur yang disematkan pada ASUS Vivobook  Go 14 ini menjawab kebutuhanku.

 

Perbandingan ASUS Vivobook Go 14 (kiri)  yang sudah ergo sense dan dilengkapi backlit pada key capsnya,sedangkan laptop yang berada dikelasnya belum (kanan). (Dok.pri)

 

Layar Full HD

Saat dibandingkan dengan laptop dikelasnya ,ternyata ada perbedaan cukup signifikan pada layar Asus Vivobook Go 14 (E1404F). Pantas saja karena laptop ini  menawarkan beberapa fitur yang menjadikannya berdiri di atas kompetitor di kelasnya, salah satunya adalah layar Full HD dan tingkat kecerahan 250 nits. Kebanyakan aku lihat, laptop 6 jutaan di segmen yang sama hanya menawarkan layar dengan resolusi HD. Tentu saja tidak sebanding dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar serta kecerahannya tidak terlalu tinggi. Keuntungan dengan dibenamkannya  layar Full HD, kamu akan mendapatkan tampilan visual yang lebih detil dan imersif. Mata  akan dimanjakan dengan gambar-gambar kualitas visual terbaik dalam segala keadaan.

Selain itu, layar di Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. Tidak hanya itu, desain layar laptop ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis. NanoEdge Bezel tidak hanya meningkatkan rasio layar terhadap bodi, tetapi juga membuat tampilan secara keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan. Gabungan fitur-fitur tersebut, Vivobook Go 14 (E1404F) benar-benar menawarkan pengalaman visual yang superior tanpa mengorbankan kesehatan dan kenyamanan pengguna.

 

Tangguh dan Aman

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) hadir sebagai laptop military grade yang paling terjangkau di Indonesia. Kehadiran laptop 6 jutaan ini menegaskan bahwa laptop yang terjangkau pun dapat memiliki kualitas dan ketahanan terbaik. Tidak salah  jika laptop ini dijadikan pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin memiliki laptop tangguh. Vivobook Go 14 (E1404F) telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS dan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Sertifikasi ini dikenal karena ketatnya kriteria dan prosedur pengujian yang harus dilalui sebuah perangkat. Vivobook Go 14 (E1404F) sendiri telah berhasil melewati 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. Hasil dari serangkaian pengujian tersebut menunjukkan bahwa Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi, menjadikannya solusi yang andal untuk berbagai keperluan, baik di lingkungan profesional maupun sehari-hari.

26 prosedur pengujian untuk memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS pada ASUS Vivobook Go 14

Dari sisi pengamanan, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyediakan webcam shield fisik agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Penting banget nih buat aku yang kadang ga siap lagi ngupil saat harus oncam. Jadi kehadiran privacy shield di webcam ini cukup membantu hanya dengan menggeser switch, maka aktivitas kamu tidak akan terlihat siapapun.

Fitur keamanan lain pada laptop ini adalah adanya fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Pada umumnya fingerprint sensor  tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.

KESIMPULAN SETELAH MENGETAHUI SPESIFIKASI VIVOBOOK GO 14

Dengan pertimbangan spesifikasi diatas dan membuktikan sendiri saat berada di gathering ASUS, maka aku sepertinya mantap untuk mengganti laptop anakku dengan Vivobook Go 14 (E1404F). Alasannya karena laptop ini merupakan sebuah laptop untuk pelajar yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi modern yang menginginkan portabilitas tanpa mengorbankan fungsionalitas. Desainnya yang portabel menjadikan laptop ini pilihan yang tepat untuk para profesional, pelajar, atau siapa pun yang memerlukan perangkat berdaya tinggi dalam bentuk yang lebih kompak. Lagipula ringan dijinjing maupun dimasukkan kedalam tas sekolahnya. Harganya pun sangat terjangkau dan paling murah dikelasnya dengan fitur yang diperbarui lagi, yaitu : Rp 6,299.000 saja.( termasuk 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty)

So, “mamak sayang anak” ini boleh lega karena dana yang disiapin tidak meleset jauh dari anggaran yang direncanakan diatas. Kurang dari 10 jutaan sudah dapat laptop sesuai kebutuhan anakku sebagai pelajar sekaligus aku yang bisa minjem-minjem sebentar dalam kapasitasnya sebagai blogger.

Bagaimana dengan kalian? Kepincut juga… khaannn? 😀

Sumber data : www.asus.com , Foto2 Pribadi, Press Release ASUS Vivobook Go 14

Exit mobile version