ARCHA BELLA'S ADVENTURE

Laptop AI ASUS Zenbook S13 OLED UX5304 Tertipis dan Teringan diDunia

Beberapa waktu lalu aku sempat menghadiri pertemuan orangtua/wali murid di SMA anakku. Disana kepala sekolah menjabarkan bahwa anak-anak didik dimasa sekarang sudah sangat pesat pengetahuannya tentang sains dan teknologi. Aku pun sebagai simbok jelata sering terheran-heran saat anakku sedang bikin tugas sekolah maupun bermain game dilaptopnya. Bahasa pemrograman dan coding sepertinya sudah jadi makanan mereka sehari-hari karena akrab dengan piranti pintar berbasis internet. Apa lagi saat itu sedang viral-viralnya Chat GPT dan prompt ‘apalah itu’. Ada salah satu orang tua murid yang bertanya, seberapa besar teknologi AI dapat menunjang kinerja dan pembelajaran mereka sehari-hari atau justru malah menurunkan kreatifitas, apa dampak baik dan buruknya? Karena memang tidak bisa dipungkiri, AI sudah merajalela disemua lini teknologi.

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah sistem kecerdasan manusia yang memungkinkan seperangkat sistem komputer atau mesin lainnya dapat berpikir dan bekerja layaknya manusia.

 

Memang pemanfaatan teknologi AI ini harus digunakan secara bijak. Selain bisa memudahkan dan mempersingkat waktu pengerjaan, juga bisa membunuh kreatifitas jika dipakai secara mentah-mentah tanpa diolah lagi menjadi lebih inovatif. Sebagai brand terkemuka di Indonesia, ASUS tidak mau tinggal diam. ASUS resmi memperkenalkan ASUS AI, jajaran laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. Diperkenalkan di acara Media Roadshow 2024, tepatnya hari Kamis, 6 Juni 2024 aku diundang dalam acara blogger gathering “Consumer PC media Roadshow” di Awann Hotel, Semarang.

 

asus ai noise canceling
Acara Consumer PC Laptop AI Roadshow di Awann Hotel Semarang

 

Ditahun 2024 ini, Laptop berteknologi AI memang menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan apalagi untuk para entrepreneur, pengusaha, kreator konten dan pelajar. Mengapa? Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ,yaitu:

  1. Teknologi AI  dapat meningkatkan Kinerja Otomatis
    AI dapat mengoptimalkan kinerja sistem berdasarkan pola pemakaian user. Misalnya, saat menjalankan aplikasi berat, laptop akan secara otomatis mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan kinerja tetap optimal.
  2. Teknologi AI membantu mengatur Daya lebih Efisien
    AI dapat memantau penggunaan daya dan mengelola baterai dengan lebih baik, sehingga memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi konsumsi energi.
  3. Teknologi AI mendukung Fitur Keamanan Canggih
    Dengan AI, laptop dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan dan ancaman keamanan dengan lebih cepat dan akurat. Ini termasuk perlindungan terhadap malware, phishing, dan ancaman lainnya.
  4. Teknologi AI dapat membantu dalam Personalisasi Pengalaman Pengguna
    Laptop AI dapat menyesuaikan pengaturan dan preferensi berdasarkan kebiasaan dan kebutuhan user, sehingga memberikan pengalaman yang lebih personal dan nyaman.
  5. Teknologi AI dapat Meningkatkan Produktivitas
    Dengan kemampuan multitasking yang ditingkatkan dan fitur-fitur pintar, laptop AI dapat membantu  menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien sehingga meningkatkan produktivitas.

Secara keseluruhan, laptop dengan kecerdasan buatan menawarkan berbagai keunggulan yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan pengguna. Dengan teknologi yang terus berkembang, AI pada laptop akan terus menghadirkan inovasi baru yang membuat pengalaman komputasi semakin canggih dan memuaskan.

Laptop AI ASUS, solusi yang mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI

Deretan tipe laptop AI ASUS bermunculan serempak kemarin sempat diperkenalkan diacara Consumer Blogger Roadshow. Dan seluruh laptop terbaru tersebut sudah ditenagai NPU untuk menjalankan aplikasi AI dengan efisien.

“Semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI. ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap.”

(Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director)

 

Tidak heran jika laptop bertenaga AI (Artificial Intelligence) dari ASUS ini merupakan langkah besar dalam perkembangan teknologi komputasi. Laptop AI ASUS dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang mampu mempelajari dan menyesuaikan diri dengan kebiasaan pengguna. Teknologi ini memungkinkan laptop untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan kenyamanan penggunaan secara signifikan.Dengan adanya laptop yang sudah terintegrasi AI, fungsinya tidak hanya sebagai alat kerja semata, tetapi juga sebagai asisten pintar yang dapat membantu menyelesaikan tugas sehari-hari dengan lebih cepat dan mudah.

 

Mengapa memilih Laptop AI ASUS?

Paling Inovatif : Laptop AI ASUS sudah dibekali dengan NPU

Jadi buat kalian yang menjumpai Laptop dengan logo ASUS AI, bisa dipastikan  bahwa dia adalah laptop yang sudah dibekali  software dan hardware berbasis AI. Selain itu , laptop AI ASUS  juga dipastikan hadir dengan NPU atau Neural Processing Unit yaitu chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home, jajaran laptop terbaru ASUS AI juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas penggunanya dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

 

copilot in windows 11 laptop asus

 

Paling Lengkap : ASUS merupakan satu-satunya brand laptop di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop AI paling lengkap melalui ASUS AI.

ASUS merupakan satu-satunya brand laptop di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop AI paling lengkap melalui ASUS AI. Mulai dari laptop AI paling tipis dan ringan yaitu Zenbook S 13 OLED (UX5304), kemudian satu-satunya laptop AI dengan layar ganda yaitu Zenbook DUO (UX8406), , hingga laptop AI pertama di Indonesia yaitu Zenbook 14 OLED (UX3405), semuanya merupakan laptop ASUS AI yang dijamin memiliki persyaratan sebagai laptop AI.

3 JAGOAN LAPTOP ASUS AI YANG LAYAK DIINCAR:

Yuk kita bahas satu-persatu secara singkat. Salah satunya yang membuat aku paling tertarik adalah ASUS Zenbook S13 Oled (UX5304) karena merupakan laptop tertipis dan teringan didunia. WOW! Cocok banget buat aku yang sudah malas bawa yang berat-berat.

  1. ASUS ZENBOOK S13 OLED (UX5304)

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan AI laptop paling tipis, ringan, dan ringkas. Selain memiliki bobot hanya 1 kg dengan ketebalan hanya 1 cm saja! Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel. Aaak…demen banget nih aku sama laptop yang ringan dijinjing dan ringkas.

 

asus zenbook s13 oled (ux5304)

 

Fitur AI
Zenbook S13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan berbagai fitur AI yang meningkatkan pengalaman pengguna. AI Noise Cancellation memastikan panggilan video dan audio yang jernih dengan mengurangi kebisingan latar belakang. Selain itu, AI Performance Boost secara otomatis menyesuaikan kinerja sistem untuk tugas yang lebih berat, sehingga pengguna dapat bekerja dengan lancar tanpa hambatan. Telinga juga sudah dimanjakan dengan suara (audio) yang didukung oleh Dolby Atmos , sound by Harman/Kardon. Konektivity (I/O Ports) lebih banyak yaitu audio combo jack, USB 3.2 Gen Z, HDMI® 2.1, Thunderbol™ 4 USB-C®.

Desain dan Layar
Zenbook S13 OLED UX5304 memiliki desain yang ramping dan ringan, menjadikannya mudah dibawa ke mana saja. Layar OLED 13,3 inci dengan resolusi 3K OLED memberikan kualitas gambar yang luar biasa dengan warna-warna yang tajam dan kontras yang tinggi. Layar ini juga dilengkapi dengan fitur AI Eye Care yang mengurangi emisi cahaya biru untuk melindungi mata Anda selama penggunaan yang lama.

Kinerja
Ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi terbaru dan RAM 16GB, Zenbook S13 OLED UX5304 menawarkan kinerja yang sangat cepat dan responsif. Penyimpanan SSD hingga 1TB memastikan pengguna memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan semua file dan aplikasi penting. Dengan dukungan AI, laptop ini dapat mengoptimalkan kinerja sesuai dengan kebutuhan , baik untuk bekerja, bermain, atau hiburan.

Dengan kapasitas Memory hingga 32 GB 1 TB. ASUS Zenbook S13 OLED  dilengkapi layar beresolusi 2880 x 1880 dengan aspect ratio 16:10, screen to body ratio 85%. Bikin visual lebih nyaman pastinya!

Keamanan
Laptop ini juga menawarkan keamanan yang ditingkatkan dengan fitur AI seperti pengenalan wajah dan sidik jari, memastikan hanya Anda yang dapat mengakses perangkat Anda.
Kapasitas baterai 63 Wh, fast charging hingga 70% dalam waktu 49 menit, dan baterai bisa bertahan hingga 14 jam. Dilengkapi Ergo Sense Touch Pad sehingga lebih nyaman bagi pengguna. Laptop ini sudah mengantongi Sertifikasi US Military Grade – MIL STD 810 H (melalui 26 uji ketahanan prosedur).

Keunikan lain yang dimiliki oleh Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah material yang digunakannya. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus. Kelebihannya adalah bahan tersebut tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dinobatkan untuk Zenbook S 13 OLED (UX5304).

 

laptop ai zenbook s13 oled
Aku nyaman banget saat mencoba ASUS Zenbook S13 OLED karena tipis dan ringan

ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304) adalah laptop yang menggabungkan teknologi AI canggih dengan desain yang sangat tipis dan elegan. Dengan kinerja yang kuat, fitur AI yang pintar, dan desain yang portable, laptop ini merupakan pilihan utama bagi siapa saja yang mencari perangkat komputasi modern yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan mereka di tahun 2024.

Di Indonesia, laptop ini dipasarkan mulai dari harga Rp 24.999.000.

 

ASUS Zenbook S13 OLED

 

Baca juga: ASUS ROG Strix G16 dan Strix Scar G18, Laptopnya Ekstrim Gamer

 

2. ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Zenbook DUO (UX8406) merupakan satu-satunya AI laptop dengan dua layar yang ada saat ini. Zenbook DUO (UX8406) bukan sekadar laptop dengan dua layar biasa. Laptop yang juga dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards ini mempunya empat skenario penggunaan,yaitu : Dual screen mode ,Desktop mode, Sharing mode, dan Laptop mode membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas. Zenbook DUO (UX8406) ditenagai oleh Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi.

Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop yang powerful. Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI.

Dengan berat 1,35 kg dengan ketebalan 14,6 mm, Zenbook DUO dibekali Memori 32 GB. Kapasitas baterai 75 Wh (non stop lebih dari 13 jam) dengan kemampuan Fast charging 60% dalam waktu 49 menit. Conectivity I/O ports yaitu Thunderbolt™ 4 USB-C® (fast charging support), audio jack, HDMI®2.1, USB 3.2 Gen 1Type-A.

Dilengkapi layar Dual 3K 120 Hz OLED touchscreen. Resolusi 2880 x 1800, aspect ratio 16:10, 91% screen to body ratio. Audio didukung oleh dolby vision. Laptop ini telah menggunakan Ergo Sense touchpad sehingga lebih nyaman bagi pengguna.

ASUS Zenbook Duo ini juga telah mengantongi low blue light certified dan US Military Grade sertifikat (MIL-STD 810 H) atau telah lolos uji ketahanan militer AS. Menggunakan 2 sistem pendingin yaitu 2 heat pipes dan dual fans sehingga bekerja lebih optimal.

Kamu bisa mendapatkan Zenbook DUO (UX8406) dengan harga mulai dari Rp 34.999.000.

 

asus zenbook duo
Intuitive Smart Software. Pengguna dapat menggunakan 6 jari untuk menampilkan virtual keyboard pada layar, sedangkan untuk to switch utilities dapat digunakan 2 jari, dan untuk menampilkan virtual touchpad dapat digunakan 3 jari.

 

ASUS ZENBOOK DUO 2024

 

3. ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405)

Zenbook 14 OLED (UX3405)  merupakan laptop AI pertama di Indonesia. Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan laptop tipis pertama dari ASUS yang dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yaitu prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya.

Tidak hanya itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga hadir dengan layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K, memiliki daya tahan baterai seharian, serta mengusung desain premium dan portabel dengan bobot hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm.

Hadir sebagai perangkat penunjang produktivitas dan mobilitas, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dirancang tangguh dan berhasil meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). ASUS bahkan menghadirkan Zenbook 14 OLED (UX3405) sebagai laptop tipis ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya.

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) dipasarkan mulai dari Rp 16.699.000.

 

asus zenbook 14 oled

ASUS ZENBOOK 14 OLED

 

Baca juga : Laptop Asus Vivobook Go 14 Laptop untuk Menunjang Aktivitas Pelajar dengan Harga Ramah

 

Laptop Terbaik untuk Pelajar

Selain laptop ASUS AI, ASUS juga memperkenalkan dua laptop terbaik untuk pelajar yaitu Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404). Keduanya hadir sebagai laptop yang memiliki spesifikasi serta harga terbaik di kelasnya. Meski ditargetkan untuk pelajar, laptop ini sudah mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Artinya, Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sudah lolos berbagai uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS. Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sama-sama ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ sehingga performanya dapat diandalkan. Sistem operasi kedua laptop ini sudah menggunakan Windows 11 dan telah dilengkapi Microsoft Office Home and Student 2023 dengan lisensi permanen seumur hidup. Buat anakku yang sedang kuliah , bisa nih dijadikan alternatif pilihan.

  1. ASUS Vivobook 14 (A1404)

 Vivobook 14 (A1404) hadir sebagai laptop modern yang dibekali layar Full HD serta memori yang dapat di-upgrade. Meski demikian, laptop ini tetap hadir dengan desain yang cukup portabel dengan bobot 1,4 Kg dan ketebalan 1,7 cm. ASUS Vivobook 14 ditenagai processor 13 th Intel® Core™ i7-1355U. Memory hingga 8 GB dapat diupgrade. Baterai fast charging hingga 60% dalam 49 menit dan koneksi WiFi lebih cepat (WiFi 6E).

Vivobook 14 dibekali layar full HD dengan resolusi 1920 x 1080. Layar sebesar 14 inchi dengan aspect ratio 16:9, screen to body ratio 82,5 %.

ASUS Vivobook 14 (A1404) merupakan laptop yang cocok untuk mahasiswa yang ingin meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka. Laptop ini juga sangat ramah pengguna, dengan engsel hingga 180° dan pelindung webcam fisik. ASUS Antimicrobial Guard Plus melindungi permukaan yang sering disentuh dari bakteri berbahaya untuk menjaga kesehatan penggunanya. Laptop ini sudah tersedia di Indonesia di harga mulai dari Rp 6.699.000.

 

asus vivobook 14

 

2.ASUS Vivobook Go 14 (E1404)

Sementara Vivobook Go 14 (E1404) menawarkan desain yang lebih portabel untuk para pelajar dengan mobilitas tinggi dengan bobot hanya 1,3 Kg.ASUS Vivobook Go 14 ditenagai processor generasi ke 13 (Intel® Core™ i3-N305/ AMD Ryzen 5 7520 U) dengan memory hingga 16 GB. Baterai fast charging hingga 60% dalam 49 menit dan koneksi WiFi cepat (WiFi 6E). Layar mempunyai resolusi 1920 x 1080 sebesar 14 inchi dengan aspect ratio 16;9, screen to body ratio maksimum 86,7 %. Laptop ini sudah tersedia di Indonesia di harga mulai dari Rp 6.899.000.

 

asus vivobook go 14

 

Dengan beberapa pilihan laptop diatas, mana nih yang menjadi sasaran kamu dan apa alasannya ? Spill dong…tsayyy

 

blogger media roadshow asus ai
Bersama teman-teman blogger dan media dalam Blogger Media Roadshow di Awann Hotel

Tagged:
I'm a movie maniac and travelholic. I'm passionate at Art, Travel, Fashion and Culinary. This blog is a place where I want to share all the things I love to you! Keep stay here to know my Adventure of Life. Contact me: archa_bella@yahoo.com

26 COMMENTS

  1. LAptopnya beneran tipis yah kak, dan juga ringan, enak dibawa tanpa harus sakit punggung sih. Apalagi performa dan jeroannya udah mantep banget. Buat kerjaan profesional udah mumpuni dan desainnya cakep. Laptop impian sih ini

  2. Asus sih udah gak usah diragukan lagi, desain dan performanya udah pasti juara. Nggak bakal nyesel kalau pakai Asus yess….

  3. Teknologi AI itu tetaplah kayak pisau bermata dua. Bisa amat bermanfaat, tetapi sekaligus bisa membahayakan eksistensi manusia yang gaptek.

    BTW kalau tentang Asus, ini peranti yang kalau dilihat-lihat selalu beradaptasi dan berinovasi.

  4. Asus memang inovatif dengan segala kecanggihan teknologi selalu menghadirkan laptop terkini sesuai kebutuhan penggunanya di zaman sekarang. Dengan berbagai spek dan fitur segala rupa terutama penggunaan teknologi AI, tentu saja ini membuat content creators makin bersemangat berkreasi online.

  5. Ternyata ada yang harganya 6jutaan ya, bisa jadi pilihan laptop entry level yang bisa diandalkan nih asus vivobook 14. Desainnya cakep, performanya juga oke.

  6. Yang Vivobook asyik ya. Meski buat pelajar, tapi sudah Military Grade. Trus kita nggak perlu bingung cari instalan program lagi soalnya udah include ada Microsoft Office Home and Student 2023 di dalamnya. Harganya juga masih terjangkau ya.

  7. Wah kalu disuruh milih kayaknya Zenbook 14 OLED cukup deh ya. Performa dan tampilan udah kece abis. Tapi harganya juga lumayan sih kalau segitu. Hehe. Emang brand ASUS nih lagi bikin ekosistem AI atau gimana ya? Hampir semua perangkat terbaru terintergrasi dengan AI. Memang sih saat ini AI bisa sangat membantu pekerjaan dan jadi tren yang sangat menarik dan bisa diandalkan.

  8. Yapss sekarang AI udah merajalela di semua lini teknologi. pintarnya kita aja gimana memanfaatkan secara positif perkembangan teknologi terkini. Untungnya laptop ASUS udah dilengkapi fitur AI yah. Wah ngga sabar pengen punya Zenbook S13 OLED yang tipis dan super ringan. Cocok banget buat blogger dan content creator yang sering WFA.

  9. Harganya bikin saya menarik napas panjang. Tapi, saya juga pernah lihat langsung fisik laptopnya dan mencoba beberapa fiturnya. Akhirnya paham juga kenapa harganya segitu. Memang bagus sih laptopnya.

  10. Baru namatin spesifikasinya Zenbook S13 OLED ini
    Eh sudah ada ada yang baru lagi ASUS Vivobook S14 OLED
    Saya jadi makin senang dengan produk ASUS dan sebagai pengguna makin terbantu

  11. Dilihat dari jeroannya, saya sendiri condong ke Asus Vivobook 14. Generasi Intelnya nya yang sudah cukup terbaru, yakni 13 ya. Dan memori RAM yang bisa diupgrade. Sudah sangat layak untuk menemani saya yang lagi belajar ilmu coding website. Laptop ini sudah lebih dari cukup

  12. ASUS ga pernah gagal setiap kali meluncurkan produk terbarunya selalu bikin penasaran dan pengen beli jadinya, apalagi lihat speknya mumpuni ya, pengen punya satu jadinya

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts