ARCHA BELLA'S ADVENTURE

Kenangan Masa Kecilku Berlibur Keliling Dunia Bersama Keluarga

Wah, tema Kenangan Masa Kecil yang sulit dilupakan buat gue sih yaaaa, Liburan..hahah.
Salah satu contohnya gambar diatas adalah saat aku Menyelusuri Sungai Rheine di Jerman dengan kapal pesiar bersama keluarga.
 Tulisan kali ini, memang sengaja pake bahasa “gue-gue” supaya ga monoton dan sok gahol gitchuh , lagipula ini ngingetin masa muda yang masih sok-sok berbahasa lu-lu gue-gue sama temen, padahal aslinya wong ndeso.. :p

The Mirage Hotel ,Las Vegas
White tiger-very rare…on The Mirage Hotel ,Las Vegas (dok:pribadi)
White tiger-very rare…on The Mirage Hotel ,Las Vegas (dok:pribadi)
 

Okay, lanjut..!
Mungkin ada yang penasaran kali ma gue,ini orang jalan2 mulu ,ke Luar Negeri pula,tajir pasti…!
Oh…noooo….(kalo didoain jadi tajir so pasti ga nolak banget…secara jaman sekarang gitu loh,semua orang pasti butuh uang,apalagi kalo cukup buat ini itu,siapa yang ga mau,tul ga?!)
Trus,kenapa kok bisa???

Patung David
Didepan replika Patung David a.k.a Daud hasil karya Michaelangelo sebagai simbol kota Firenze/Florence
(Dok:pri)

Pertama:Tuhan baik banget,ngasih kesempatan buat gue untuk menikmati “dunia luar”,biar ga jadi katak dalam tempurung.

Kedua:waktu itu (mungkin) dolar ga setinggi sekarang kalo dirupiahin,so masih reasonable lah buat gue plesir kemane-mane, tinggal disono, naik TGV (kereta tercepat sedunia),kereta bawah laut (Eurostar),terbang kesana kemari,etc,angkutan massa yang sekarang aja di Indonesia MRT(Mass Rapid Tranportation)   blom jadi-jadi,…gue udah (lumayan) sering ngerasain.Thanx Tuhanku.

Ketiga:ini yang paling penting,terima kasih bener-bener tak terhingga buat babe ma ibu yang udah pinter dan rajin menabung (walaupun cuma pegawai negeri biasa,ibu yang hanya ibu rumah tangga dengan 3 anak).
Puji Tuhan semuanya lumayan ga beg-bego amat,karena ibu gue cukup brilliant buat ngajarin kami supaya ga oon-oon amat, dan babe  bener-bener anti korupsi ,apalagi suap-menyuap supaya anaknya masuk ke instansinya -seperti kebanyakan PNS lakuin -pun babe  anti berat, alhasil,ga ada anaknya babe yang jadi PNS,krn babe ga mau nampakin “tajinya” kesiapapun,dan anti KKN (Kolusi Korupsi Nepotisme).
Murni dari hasil menabung dan tidak bergaya hidup mewah, makan secukupnya seadanya.
So alhasil kita bisa menikmati hasil jerih payah mereka buat mengenal budaya dan alam diluar Indonesia.

Mungkin kalian pada ga percaya ya kalau uang saku gue jaman SMP adalah..taraaaa….1000 rupiah…,pasti pada bilang,ya iyalah,jaman th 90an,1000 cukup buat beli burger…,weitssss..jangan salah,belum selesai nih…1000 rupiah..SEMINGGU!!!!..sumpeh…asli! so dirata2 sehari sekitaran 100-200 rupiah gue jajan..ihiks.

Kebayang ga jaman itu foto copy 1 lembar harganya 25 rupiah,mana SMP gue favorit pula,ga ada hari tanpa motokopi modul,murid2 bener2 dipres kaya dendeng,sampai badan gue item, kebanyakan extra kurikuler, bobot nyusut kebanyakan ulangan, blom praktikum-praktikum, wisss…super duper sutris.
Volendam
Berfoto bareng ibu di Volendam .Belanda, tempat berjuta-juta orang foto menggunakan baju tradisional Belanda
(Dok:pri)
Banyak yang dulu SDnya pinter jadi tumbang kalo ga kuat mental,sampe saking padetnya kegiatan,les piano gue mpe brenti..hiks..kuciwa berat.
So,gue mesti nabung itu duit jajan yang mefet abis buat beli minum sofdrink “sejuta umat” ntu,itupun cuman seminggu SEKALI doang,abis pelajaran Olah Raga,dan waktu itu gue masih inget harganya 350 rupiah.(bandingin anak2 sekarang,mau minum apa aja kuecil,tinggal bayar!).Rasanya bung!!!???,wenyak tenannnn…..seminggu sekali bisa ngerasain minuman semriwing..hihihi….

 

 

Golden Bridge, San Fransisco, USA
Vacation bareng keluarga ke Amerika, mejeng didepan Golden Bridge, San Fransisco, USA
Dan,kalo pengen beli burger??(Sekolah gue sekolah favorit yang isinya orang2 tajir dikotaku,so pasti jajanannya komplit banget,dari jualan gulali mpe burger-pizza ada,dari jualan jepet2 sampe kalung BERLIAN ada..gile ga!!)gue kudu nabung,puasa ga jajan softdrink seminggu,dan ga ada potokopian –terpaksa berpegel2 ria nyatet bahan pelajaran dibuku,buat beli burger yang harganya 900 rupiah.Dan,tau ga…abis beli burger,gue langsung gaya sok makan burger lama-lama, mondar-mandir didepan anak-anak yang kaya-kaya itu (biasanya non pribumi) kalo gue bisa juga beli burger..hahahahhaa…..(bangganya-dasar anak2!) .
Bukannya pelit si ortu gue,tapi mereka menekankan buat “bijaksanalah membelanjakan uang”,”Belilah yang kamu butuhkan,bukan yang kamu inginkan”,so hikmahnya,gue lebih bisa menghargai uang,ga asal beli barang-barang yang konsumtif,cuman buat pamer-pamer doang yang ga perlu,lebih baik beli merek sepatu yang biasa aja tapi bisa beli 2-3 pasang ,daripada beli merk terkenal, cuman dapet 1 biji doang,sebelah kiri doang..halah..ya iyalah..bandingin aja sepatu B*TA ma R**BOOK,dapat berapa coba?
So jaman gue sekolah,namanya ATARI (waktu itu blom ngetren PlayStation),SEGA,gue kagak punya…(paling banter gembot a.k.a game watch- baru punya)..ga penting kate babe,nyang penting anak2nya rangking.
Temen-temen babe pada punya mobil merek keluaran Eropa, kate babe ga penting,yang penting bisa bolak-balik ke Luar negeri, keliling dunia,sekolah bermutu, itu kebanggaan buat kita .
Gue bener-bener terima kasih,karena pemahaman ini bikin kita-kita terbuka wawasannya, nyadar kalo bangsa kita ketinggalan jauuuuuh ma bangsa lain, lebih bisa global thinking, dan toleransi sama orang-orang yang ga sehaluan – seadat istiadat- sebudaya sama kita,daripada sekedar show off, kemaren abis beli mobil merk ini,abis makan diresto itu..dll.
 
Titlis .Switzerland
Bersama anjing jenis St.Bernard di Titlis . Switzerland, my fav dog!
Eurostar menyeberangi laut menuju London, UK
Setelah naik TGV (kereta api tercepat didunia kala itu) di Paris, lanjut naik Eurostar menyeberangi laut menuju London, UK (dok:pri)

Meanwhile temen2 gue pada beli tas merk G*ESS,sampai beberapa warna cuman 1 item doang,dan sibuk pamer kanan kiri di Indonesia, padahal kita lagi asyik nonton pertunjukan Ray –the famous magician sama White Tigernya di Las Vegas,bahkan nyobain maen Jackpot ma Roulette..hehe(ga judi loh,mumpung disana.)
Tementemen pada sibuk berenang dihotel berbintang disini, kita udah asyik berscuba diving diperairan Hawai nan eksotis,pake sub -marine yang waktu itu di Indonesia aja blom ada. Gitu deh…hanya karena “PINTAR2NYA MEMANAGE UANG”…


IMAX Theatre
Berlibur bersama anak2 itu sangat menyenangkan . (Dok:pri)
So,ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari masa kecil gue dan kenangan itu melekat dalam diri gue sampai kapan pun dan pasti terbawa sampai gue mati.
Cara pandang ortu gue tentang “memanfaatkan” uang dengan bijak,dan menghargai setiap lembar demi lembar uang yang tidak mudah didapat.
Karena gue percaya banget,sesuatu yang mudah didapat pasti mudah juga hilang dari kita.Dan prinsip itu akan gue tularkan kepada anak-anak gue sekarang.
Banyak hal yang mesti kita dapatkan dengan jerih payah,susah,dan pengorbanan.
Tetapi kalo kita selalu konsisten,dijalan yang lurus,dan tidak pernah lepas dari petunjukNya,pasti deh,itu semua lebih “kekal” tinggal pada kita,lebih indah dirasakan,dan lebih membuat kita mencintai semua proses yang sudah kita lalui,meskipun itu pahit, dan penuh duka.
 
 LEGOLAND
Menentukan taman hiburan yang edukatif buat anak2 sekaligus mempererat bonding dengan keluarga. LEGOLAND (Dok:pri)
 
 
Dan sekarang pun gue selalu menyisihkan uang buat liburan bersama keluarga kecil gue, agar masa kecil mereka ga jauh-jauh dari pengalaman masa kecil gue dulu yang sangat indah berkesan.
Suami gue  yang memang wong desa, akhirnya sudah berhasil gue kontaminasi untuk senang pelesir, dan mengagendakan untuk jalan-jalan menambah wawasan dan pengetahuan.Yaaaayyyy… #wink
So.buat elu-elu semua, jangan pernah ragu.
Sibuk bekerja dan berkutat dengan rutinitas pasti mengendapkan kepenatan kan?
Daripada stres, mari kemasi barangmu dan cari suasana baru..

Tetap berjuang! Kamu Bisa….!
Selamat berlibur…..

I'm a movie maniac and travelholic. I'm passionate at Art, Travel, Fashion and Culinary. This blog is a place where I want to share all the things I love to you! Keep stay here to know my Adventure of Life. Contact me: archa_bella@yahoo.com

0 COMMENTS

  1. Mbak Archa SMP tahun berapa? Saya tahun 1985-1988 uang saku juga 100/hari, hanya cukup buat beli sebuah gorengan dan es sirup 1 gelas 🙂

    Saya salut dg didikan ortu yg disiplin dg tujuan yg baik. Pasti bahagia ya mbak bisa sering jalan2 keluar negri. Foto2nya bisa buat kenang-kenangan anak cucu 🙂

    Jadi pengen sering piknik nih 🙂

  2. Saya th 85 masih 5 th mbak…hehe. SMP th 91..kebayang uang segitu makin ga berarti lg kan. Pokoke ngirit abis..ortu klo kasih duit. Tapi hasilnya ada..jd bisa plesir kmna2. Jd ngebayangin klo pajak negara kita bener2 dikelola tanpa bocor pasti Indonesia makmur.

  3. Jamanku cilik plesiranku paling sering ke Jogja, maka jadilah Jogja kota penuh kenangan saking paling sering ke Jogja hahahaha….

  4. Serunya… bisa nih buat referensi membangun keluarga kecil nanti. Biar anak2 banyak pengalaman. Sekarang ditahan dulu plesir, sambil nabung & nunggu debay brojol. Hehe

  5. Ternyata ini ya rahasia Mbak Archa bisa ke Jepang kayak kemarin. Aku harus belajar banyak nih sama Mbak e. Selama ini aku selalu kerja kerja kerja, boro2 liburan, uangnya mending buat yang lain. Tapi, memang sih, nggak bisa selow hidupku, Mbak. Rasanya urat saraf ku tegang mulu. Kudu liburan nih.

  6. catet juga ah, tips ortunya mba archa. moga2 bisa niru aah, jelong2 mpe ke LN nya. kasian anakku kalo nasibnya kek emakku. dolane paling pol ujung gang. *halah =D

  7. Mbak, muka dari kapan tahun sampai sekarang kok sama aja to.. Kudu traveling ki ben awet muda kaya mbak Archa.

    Aku piknik paling banter ke yogya, yogya, yogya jaman sekolah, itu juga diajak ibu yg guru, hihi.

    Tapi setuju banget soal mengelola uang, bapakku juga selalu ngajarin utk pikirin kebutuhan, bukan keinginan.

    Aaah, jadi pengen piknik nih baca postingan mbak Archa 🙂

  8. Ternyata ada yang duit jajannya lebih sedikit..hahaha.. Jaman SD tahun 90, uang jajanku yo mung 100 opo 200 mbak. Pengen beli es teh aja kudu muleh jalan kaki. Uang angkot buat beli es teh.

  9. Luar biasa mba, jaman orang blm ada istilah ngetrip jenengan sudah kesana kemari. Salut juga sama ortunya.

    Masa kecil yang indah dan goals banget

  10. Asyik bacanya. Aku punya keinginan lebih sering ngajak anakku plesir sana-sini. Bukan buat bangga-banggaan bisa jalan-jalan ke sana-sini. Tapi biar mengenal tempat baru, masyarakat baru, budaya baru, bahasa baru, pokoknya semua hal yang sangat berbeda dari yang biasa mereka hadapai dalam keseharian. Insya Allah, tar mereka jadi manusia yang lebih peka terhadap sesama, lebih open-minded, juga lebih bahagia mudah-mudahan. Takbir!!! 😀

  11. Ngakak bacanya sampai burger yang dieman2 makannya sambil muter kayak setrikaan, hahahaa

    Bener sih mba, piknik itu oenting. Aku sih sementara yang deket2 aja yang penting ngumpul sekeluarga dan diagendakan emang.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts