ARCHA BELLA'S ADVENTURE

5 Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Berlibur ke Osaka,Jepang (PART 2)

Taukah kalian,dimana aku sedang berdiri?Kok banyak sepeda berjajar disitu?
Aku berdiri didepan kedai bernama “Kani Doraku”.
Kedai ini menjual masakan dari kepiting. Mungkin harganya sedikit mahal, namun sebanding dengan rasa masakan kepitingnya yang lezat. Di bagian luar kedai juga dijual kepiting bakar yang dapat kalian beli. Eh,…dimana pulak ini yak?

Hai,..tomodachi…ketemu lagi dalam kisah perjalananku ke Jepang nih,gaez, setelah kemarin ngomongin soal perjalanan hingga bisa mendarat di Jepang, kali ini kayanya mustahil dong, sampai di Jepang kita mlonga-mlongo doang dipinggir jalan sambil ngelus-ngelus kaki gempor karena ga tau mau kemana.

Nhah, sebelum ke Osaka, aku sudah menyusun itinerary alias kemana aja diriku melangkah untuk ngubek-ngubek tempat-tempat favorit disini.Tentu saja termasuk jalur transportasinya, moda transportasi sekaligus dimana kita mau singgah untuk sight-seeing maupun merebahkan badan di hotel murah di Jepang tetapi tetap nyaman .Tau sendiri kan, Jepang apa-apa mihil,cuy…!

BACA DULU: PENGALAMAN PERTAMA MENJELAJAH NEGERI SAKURA ,JEPANG (PART 1)

Peta Jepang
Lokasi Osaka dengan kota-kota lainnya di Jepang

 

MENJELAJAH OSAKA SAAT BERLIBUR KE JEPANG

BERLIBUR KE OSAKA,JEPANG
(Source: Internet NIHON)
Perjalanan dari Indonesia ke  Osaka ditempuh selama 6 jam 10 menit ,berangkat dari Denpasar-Bali dengan pesawat GA 882 DPS – menuju KIX-Osaka  ,sampai disana jam 09.20.
Suasana Osaka gerimis kecil, tapi cukup bikin kaca bus yang kami tumpangi berembun saking dinginnya udara diluar.Waktu itu suhu sekitar 5 derajat celcius. Peralihan musim dingin ke musim semi yang masih terasa dinginnya di bulan April.
Buat kalian yang belum tahu , Kota Osaka adalah sebuah kota di wilayah Kansai, Jepang. Selain sebagai ibu kota Prefektur Osaka, kota ini ditetapkan sebagai salah satu Kota Terpilih berdasarkan Undang-Undang Otonomi Lokal. Osaka adalah kota berpenduduk terbesar nomor tiga di Jepang setelah Tokyo dan Yokohama. Kota ini terletak di pulau Honshu, di mulut Sungai Yodo di Teluk Osaka.
Sebagai kota terbesar di kawasan Keihanshin , Osaka juga menjadi pusat industri dan pelabuhan untuk daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Di sebelah timur, Osaka bertetangga dengan Kyoto dan Nara, dan di sebelah barat dengan kota Kobe.
Osaka merupakan sebuah metropolis air yang dikenal dengan sungai-sungainya dan jumlah jembatan terbanyak di Jepang. Ada dua pusat kota di Osaka, yakni Umeda di sebelah utara, dan Namba di sebelah selatan. Kedua pusat kota ini dihubungkan oleh jalan utama yang bernama Midosuji.
Nhah, kenapa kalian wajib ke Osaka jika berkunjung ke Jepang, simak baik-baik ya…

1.MENIKMATI KULINER KHAS KOTA OSAKA

Menu Restoran saat berlibur di Osaka Jepang

 

Sampai di Osaka, perut ternyata sudah laper, apalagi suhu udara yang dingin menggigit tulang disertai gerimis bikin cacing eh naga dalam perutku semakin menggeliat.
Hal yang penting banget dikamusku ketika berada ditempat asing adalah, mencoba makanannya!
Itu wajib hukumnya…
Aku beserta keluarga makan di sebuah restoran bernama  Osaka Restaurant Sinchi, katanya sih begitu. Aku bisanya baca tulisan jawa hanacaraka, jadi huruf kanji mlungker-mlungker macam beginian aku agak munyer, gaezz..
Tapi jangan salah! Walaupun tampaknya kecil, ternyata didalamnya komplit loh, bahan makanan di Jepang itu seger-seger terhampar dimeja, lain banget dengan masakan jepang diIndonesia.
Ya eyalahhh..namanya juga empunya alias aslinya ya disini inih.
Scallop, kerang, sayur-sayuran, daging,diletakkan dimeja ,siap dimasak. Jadi bener-bener transparan “what you see is what you get“.
BERLIBUR KE OSAKA,JEPANG
Aku berdiri didepan restoran kecil disebuah lorong jalan,Osaka.
BERLIBUR KE OSAKA,JEPANG
Menu di restoran yang kukunjungi. Bisa baca ga?
Menu Restoran saat berlibur di Osaka Jepang
BERLIBUR KE OSAKA,JEPANG
Makanannya enak-enak, ikannya lembyut banget, nasinya apalagi,sukakkk!

Osaka terkenal dengan budaya Kuidaore (makan sepuasnya) yakni makan dan makan terus sampai tidak kuat makan lagi dan jatuh terlentang. Makanan khas Osaka adalah okonomiyaki (goreng telur isi irisan kol dengan topping daging babi atau makanan laut), takoyaki, dan kushikatsu (tusukan sayur atau daging dibungkus tepung roti lalu digoreng).
Okonomiyaki, Takoyaki, dan Udon (mi dari tepung terigu) adalah contoh dari budaya konamono (makanan dari tepung terigu) yang digemari orang Osaka.
Awa-okoshi (berondong beras manis) dan konbu (rumput laut yang dikeringkan) adalah oleh-oleh khas Osaka.

okonomiyaki BERLIBUR KE OSAKA,JEPANG
okonomiyaki

 

dotonbory, berlibur ke Osaka Jepang
Aku sempat beli pablo, cheese cake yang fluffy banget khas Jepang,bau harumnya menyeruak disela-sela keramaian Dotonbori

 

takoyaki berlibur ke Osaka Jepang
Takoyaki, dan rasanya jauhhh lebih enak daripada takoyaki yang kubeli di mall di Indonesia, hahaha…lebih lembyut dan daging guritanya terasa banget.Jangan lupa taburan katsuobushi-nya,…yummm!

 

kushikatsu berlibur ke Osaka Jepang
Kushikatsu

Fyi, Bagi orang Osaka dan juga bagi orang yang tinggal di Jepang bagian barat, kata “daging” (niku) tanpa menjelaskan jenisnya, berarti daging sapi. Di Osaka, kalau tidak dinyatakan sebelumnya, umumnya sukiyaki berarti sukiyaki daging sapi.

2.BERFOTO DI OSAKA CASTLE

Osaka Castle berlibur ke Osaka Jepang



Nhah, sudah jauh-jauh ke Osaka, sayang kalau melewatkan berkunjung ke Osaka Castle. Ini icon bangunan bersejarah di Osaka nih !

Osaka Castle berlibur ke Osaka Jepang
aku mejeng didepan Osaka Castle saat berlibur ke Osaka Jepang

Taman dan sungai yang ada di sekeliling Istana Osaka merupakan tempat untuk menikmati bunga sakura (hanami) pada musim semi, pas banget saat aku datang ke sini menjelang musim semi. Walaupun baru nampak satu-dua daun yang masih kuncup karena ternyata suhu dingin winter masih menguasai, tetapi dalam sehari-dua hari kedepan bunga-bunga sakura dipastikan akan bermekaran.

Gegara ngeliat orang-orang pada payungan transparan, aku jadi mupeng beli juga gaez. Unik dan kalo mau ngincer cowo-cowo ganteng macam Takeshi Kaneshiro, bisa terpuaskan karena terlihat jelas, hahaha,hush!

Osaka Castle berlibur ke Osaka Jepang
Payungnya kuat karena konon katanya anti hujan badai alias ga gampang ngejeplak. Ini aku beli diminimarketnya Jepang seharga 50-60ribu rupiah atau 500 yen.
Jika kalian tidak mau membeli , di sana juga ada “SHIBUKASA” yaitu sistem penyewaan payung yang dimulai di Shibuya pada tahun 2007. Semua payung plastik ditinggalkan di konbini atau di jalanan tanpa ada pemiliknya. Kalian dapat meminjamnya secara gratis dan jika kalian mengembalikannya, mereka akan memberi tiket diskon 50 Yen yang dapat kalian gunakan di toko-toko terkait. Ada beberapa layanan yang tersedia di Kansai Airport, di kota Hiroshima, dan di kota Kanazawa.Asyik,khannn,…Ini yang membuat aku selalu ingin kembali ke Jepang. Mental kejujuran selalu diutamakan.
Osaka Castle berlibur ke Osaka Jepang
Di Osaka Castle ini aku sempat membeli strawberry khas Jepang dikios-kios yang berderet dipintu masuknya. Ukurannya lebih besar dari biasanya, sebesar onde-onde lah…sama-sama ada titik-titiknya macam wijen, hihi.
Menurut Onoda, tour guide kami, cara memakan strawberry ini yaitu dari pucuknya, jangan dari bagian yang ada kelopaknya, karena rasa manisnya akan beda.
Okey, noted!
Harganya lumayan mahal sih sekitar 800 Yen sebungkus, apalagi yang berwarna putih sekitar 500 yen perbiji.(seharga payung,wakakkak). Ga papalah, sekali-sekali cobain sensasi makan strawberry Jepang .
Strawberry yaang manis di Osaka Castle berlibur ke Osaka Jepang
Strawberry yaang manis di Osaka Castle berlibur ke Osaka Jepang

3.BERKELILING PUSAT PERBELANJAAN DOTONBORI

Ke Osaka jangan pernah melupakan untuk mengunjungi pusat perbelanjaan disekitar Shinsaibashi,
apalagi kalau bukan Dotonbori di waktu malam.
Lampu-lampu yang gemerlapan dan neon signnya bikin perasaan ceria, dan ga bosan-bosan nguplek-nguplek setiap tokonya.
Ada toko H&M  besar pas tikungan, menuju areal pertokoan yang menjual berbagai pernik-pernik lucu khas Jepang dan kuliner dengan bau harum beradu satu sama lain.
Dōtonbori adalah pusat gastronomi, perbelanjaan dan hiburan di sisi selatan Kanal Dōtonbori, Osaka, Jepang. 
Di seruas jalan antara Jembatan Dōtonbori dan Jembatan Nipponbashi ini terdapat berbagai macam rumah makan dan fasilitas hiburan. 
Sebagai simbol kota Osaka, Dōtonbori telah berulang kali dijadikan sebagai lokasi film Jepang maupun film luar negeri. Papan-papan iklan dan lampu-lampu neon berukuran besar menghiasi gedung-gedung restoran dan hiburan malam di tepi Kanal Dōtonbori. 


Pusat perhatian wisatawan yang datang ke Dōtonbori, di antaranya kepiting papan reklame Kani Douraku, lampion fugu rumah makan Zuboraya, neon Glico, dan jajanan khas Osaka (okonomiyaki, takoyaki, dan udon). Di sekitar tempat ini terdapat teater bunraku, gedung sandiwara komedi/manzai Namba Grand Kagetsu, teater idola NMB48, dan gedung bioskop.


 Di kedua sisi kanal Jembatan Ebisubashi terdapat promenade Tonbori Water Park yang dilengkapi tempat-tempat duduk. Pusat diskon Don Quijote berada di tepi kanal yang memiliki ciri khas kincir berbentuk elips. Jembatan Ebisubashi merupakan ujung selatan dari arkade perbelanjaan Shinsaibashi.
Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang
Sudah sampai di Dotonbori wajib hukumnya foto didepan pelari Glico yang semakin malam semakin cantik dengan lampu-lampunya yang berpendar warna-warni yang ikonik ini atau didepan dekorasi kepiting raksasa (foto pertama diatas).

Glico Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang

 

Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang
Oleh-oleh dari Jepang selalu dikemas secara unik, cantik dan menarik,membuat siapa pun jadi ingin membeli.

 

Omiyake Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang

 

tas Anello di Osaka Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang
Aku sempat membeli tas Anello di Jepang. Tau sendiri, tas Anello digandrungi anak-anak muda karena bentuknya yang lucu dan rangkanya yang kuat. Disini juga bukan barang bajakan, semua asli Jepang yang kualitasnya tidak perlu diragukan.

 

Osaka Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang
Antri beli bakpao,gyoza dan takoyaki, super duper yummy oishine!
Osaka Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang
Gyoza dan takoyaki yang kunikmati dikamar hotel, cleguk..enak!

Gyoza adalah masakan Cina, terbuat dari daging cincang yang dibungkus dengan adonan tepung yang dipipihkan (seperti kulit pangsit). Berbeda dengan di Cina, gyoza ala Jepang lebih sering dimasak dengan cara dipanggang di atas wajan besi.

Takoyaki di Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang

 

Osaka Dotonbory berlibur ke Osaka Jepang

Jika melihat sejarahnya, Pusat perbelanjaan Dotonbori dibuka oleh seorang pedagang bernama Doton Yasui pada tahun 1612. Kemudian mulai disebut dengan “Dotonbori” ketika Sungai Dotonbori mulai dibuat. Kata “bori” pada “Dotonbori” berasal dari kata “hori” yang artinya lubang saluran air.

4.MENJELAJAH UNIVERSAL STUDIOS OSAKA

 

Universal Studios,Osaka Japan
Universal Studios,Osaka Japan

Aku adalah penggemar berat film. So, setiap disebuah negara ada Universal Studiosnya, pasti wajib banget menjelajah semua wahana didalamnya. Setelah Universal Studios Singapore dan Hollywood Los Angeles yang pernah kukunjungi, Universal Studios di Osaka Jepang ini juga jangan sampai dilewatkan.

Universal Studios Jepang adalah salah satu taman hiburan terbaik di dunia. Terdiri dari sembilan area, tempat ini memiliki berbagai atraksi, wahana, dan pertunjukan berdasarkan film-film laris Hollywood. Beberapa yang paling populer termasuk The Flying Dinosaurus, Despicable Me :Minion Mayhem, dan the Wizarding World of Harry Potter yang terinspirasi oleh seri buku asli dan franchise film.

Universal Studio berlibur ke Osaka Jepang

 

Castle Harry Potter Universal Studios Osaka
Castle HArry Potter yang ikonik saat memasuki Universal Studios Osaka
Castle Harry Potter Universal Studios Osaka
Gerbang Universal Studios 5 menit dari stasiun kota Universal .

Taman hiburan yang dibuka di tahun 2001 ini terdiri dari 9 area, dengan 18 atraksi dan 20 restoran tematik. Selain tersedia tiket terusan ekonomis, ada pula tersedia tiket terusan VIP dengan harga yang lebih mahal, dengan fasilitas bebas antrian (fast track) di setiap atraksi.

Studio pass 1 hari biayanya 7.900 yen untuk orang dewasa, 5.400 yen untuk anak-anak (dari 4 hingga 11), dan 7.100 yen untuk manula lebih dari 65 tahun.
Semua harga sudah termasuk pajak. Jika kalian berencana untuk mengunjungi pada dua hari berturut-turut, maka  akan mendapatkan potongan harga 13.400 yen untuk orang dewasa dan 9.000 yen untuk anak-anak, untuk 2 hari pass Studio (per Agustus 2018).

5. MELIHAT ANEKA SATWA DI OSAKA AQUARIUM KAIYUKAN

Aquarium raksasa di Osaka Jepang

 

Bagi kalian penyuka aneka satwa dan biota laut, sepertinya kurang lengkap jika singgah ke Osaka belum mengunjungi Kaiyukan.
 Kaiyukan adalah akuarium yang terletak di bangsal Minato di Osaka, Jepang, dekat Teluk Osaka. 

Akuarium ini adalah salah satu akuarium publik terbesar di dunia, dan merupakan anggota dari Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium Jepang (JAZA).Akuarium ini berjarak sekitar lima menit berjalan kaki dari Stasiun Osakako di Jalur Kereta Bawah Tanah Osaka Chūō, dan berada di sebelah Tempozan Ferris Wheel.

Menyelusuri lorong akuarium kita dibawa suasana kehidupan laut di beberapa habitat yang terdiri dari 27 tank di 16 pameran utama dengan volume total 10.941 ton air. Habitatnya berasal dari daerah Cincin Api di Samudra Pasifik. Tangki terbesar adalah kedalaman 9 meter (30 kaki) dan menampung 5.400 meter kubik (190.699 kaki kubik) air dan berbagai ikan termasuk pari manta dan 2 hiu paus.
Area Interaktif Baru yang dibuka pada tahun 2013 memungkinkan pengunjung untuk melihat binatang dari dekat dan mungkin menyentuh mereka. Di “Area Interaktif Baru”, ada 3 zona yang telah dibangun, yaitu zona Arktik, tempat melihat pembulatan anjing laut bercabang, Zona Kepulauan Falkland, di mana kalian dapat melihat penguin rockhopper, dan Zona Maladewa, di mana kalian dapat langsung menyentuh hiu dan ikan pari.
Aquarium raksasa di Osaka Jepang
Menjelajahi Osaka yang kaya atraksi, hiburan dan tempat perbelanjaan tentu bikin badan perlu rehat supaya bisa mengeksplorasi sisi kota Osaka yang lain besok.
Malamnya aku menginap di Daichi Hotel,Osaka.Hotelnya nyaman banget, apalagi hotel di Jepang biasanya dilengkapi dengan heater sehingga cukup hangat menghalau udara luar yang bikin menggigil.
Hotel Daichi di Osaka Jepang
Kamar yang nyaman dan ranjang yang luas di hotel Daichi,Osaka.

 

breakfast Hotel Daichi di Osaka Jepang
Breakfast komplit sekaligus enak!

breakfast Hotel Daichi di Osaka Jepang

 

 

Hotel Daichi di Osaka Jepang

 

Hotel Daichi di Osaka Jepang
Daichi Hotel tempatku menginap
Salah satu andalanku dalam mencari hotel murah di Jepang tentu saja  situs Traveloka.
Kenapa aku percayakan pada Traveloka?
Karena ada fasilitas Traveloka PayLater yang  didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK.
Tidak usah was-was harus menyediakan uang tunai hingga menggembung didompet, karena fasilitas Traveloka PayLater ini bisa kamu manfaatkan untuk pembayaran cashless (juga meliputi pembayaran cicilan online) . Traveloka benar-benar membantu untuk memberikan informasi mengenai inventori-inventori akomodasi (apakah itu hotel, villa, losmen, apartemen, ataupun penginapan lainnya) baik untuk  staycation atau yang bernuansa road trip.So,..buat kalian yang bingung mencari hotel-hotel yang akan dijadikan tempat menginap ,Traveloka sudah menghadirkan fitur pay@hotel (bayar di hotel) easy reschedule, last minute hotel, dan hotel near me.

Sistem pembayaran ‘bayar di hotel’ bisa dilakukan dengan menggunakan uang tunai atau kartu kredit.
Buat kalian yang ingin mencari hotel di kota-kota besar dunia seperti Jepang misalnya bisa memesan hotel dengan memanfaatkan fitur bayar di hotel ini tanpa harus membayarnya di muka namun cukup memesan terlebih dahulu dan baru melakukan proses pembayaran setelah nanti tiba dan check-in di hotel tujuan.
Caranya bisa masuk ke website traveloka atau tinggal klik aplikasi Traveloka yang bisa diunduh di smartphone kalian.

Memang diera digital sekarang ini, semuanya serba mudah dan murah.
Bagaimana, tertarik juga berkunjung ke Osaka juga? Mana yang paling kamu sukai ?
Cerita donggg…

I'm a movie maniac and travelholic. I'm passionate at Art, Travel, Fashion and Culinary. This blog is a place where I want to share all the things I love to you! Keep stay here to know my Adventure of Life. Contact me: archa_bella@yahoo.com

34 COMMENTS

  1. Wuih kerennya share jalan2nya ke Jepang mba, salah satu negeri impian saya belajar dulu.Sayang saya batalin form scholarshipnya.btw aku suka cheese cake nya yg terkenal itu, krn pernah lihat.Hmmm yummy

  2. Gokilss nih kakak Ashanty jalan2 ke Jepang seruuuu banget ceritanya 😀
    Aku juga mau mengikuti jejakmu, kakaaa
    –bukanbocahbiasa(dot)com

  3. Salah satu negara yang masuk wishlist. Salah satunya karena pengen kasih pengelaman wisata ke negara dengan teknologi modern. Biar makin berani bermimpi & meraihnya 😀

  4. Aku bakalan betah bangetbdo wisata kuliner dan castlenya Osaka deh. Liat foto-foto mbak Archa saja sudah otomatis jatuh cinta.

  5. Masya Allah, aku bacanya sampai setengah jam, gara-gara semua foto yang bikin mupeng ini. Dari tempat wisata, toko makanan, resto, sampai kulinernya, butuh duit banyak ya kalo ke Jepang. Semoga suatu hari bisa berkunjung ke Jepang, aamiin

  6. Waaww… yang castle Hogwarts itu menarik sekali. Bisa dijelajahi juga kah sampe ke dalam-dalamnya gitu?

    Mau juga dong ke Osaka, nyari panduan dulu tempat2 yang menyediakan makanan halal secara mudah ya.

  7. Ya Allah ini bikin mupeng semuanya mba Archa. Pepotoannya bikin ngiler makananya. Ya Allah penhen bisa dolan ke Jepang juga. Bismillah semoga kesampaian hehehe

  8. Eaaa, semoga bisa segera kesini dan bertemu saabatnya ya mbak. PAsti akan banyak cerita menarik sambil menyelusuri jalan berjajar pohon sakura…asyikkknya

  9. okey siap, ada banyak hal menarik di Dotonbori. Pelayannya ajaib2 bajunya, next artikel kutulis khusus Dotonbori ya…wait for it

  10. Hihi, kalau dilihat dari harinya yang sama, dan semua2nya, memang lebih mahalan di JEpang sih kalo menurutku mbak.Eropa bisa dapat 9 negara, Jepang cuma 1 doang. Makanya aku ke Eropa dulu baru ke Jepang, nunggu duit ngumpul..hihii

  11. kalo yang sushi biasanya halal mbak.Kalo ramen, memang harus hati2 karena bumbunya non halal.But overall makanan di Jepang higienis dan sehat sih

  12. Iyes, betul, makanan enak berjajar disini..bikin gendut tapi orang Jepang ga ada yang gendut karena jalan mulu dan cwepet banget even pake highheels..Amazing!

  13. Bisa masuk mbak, sambil liat pernik2 ala Harry Potter. Cari referensi yang banyak biar ga ada yang kelupaan pas udah sampai disana yaaa

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts