ARCHA BELLA'S ADVENTURE

Angkringan SINI AJA Yang Bikin Betah Nongkrong Di Sekitar Mijen,Semarang

 

ANGKRINGAN YANG LEBIH KEKINIAN YA DI SINI AJA

Bicara tentang Angkringan, siapa sih yang ga tau konsep makan merakyat yang memang dijadikan jujugan orang-orang yang kepingin makan santai nan hemat.

Kalau dari asal katanya, Angkringan merupakan istilah bahasa Jawa yang berkata dasar “angkring” berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melengkung ke atas atau bisa juga sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan.

Biasanya konsep warung makan Angkringan banyak dijumpai di Jawa Tengah, Jogja,Solo dan sekitarnya.

Menunya ga jauh-jauh dari nasi bungkus (yang kalau di Semarang biasa disebut ‘nasi kucing’ – karena porsinya yang kecil) dan juga aneka wedang.
Gerobak angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hingga dini hari, mengandalkan penerangan tradisional disebut senthir atau lampu petromak  dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.
Dengan semakin menjamurnya “Angkringan” , maka semakin bervariatif pula pemilik angkringan untuk menata tempatnya jadi lebih kekinian. Maka dari itu,angkringan yang kebanyakan berdiri saat ini sudah menggunakan lampu pijar atau lampu LED serta menggabungkan konsep angkringan yang tradisional dengan desain modern layaknya kafe.
Dengan konsep angkringan yang diadaptasi secara kekinian dan bertransformasi jadi kafe sederhanalah ,maka saya bersama suami dan teman membuka kafe SINI AJA untuk mengakomodir masyarakat urban didaerah pinggiran kota Semarang.

 

Kafe SINI AJA diwaktu malam

 

SINI AJA ,KAFE BERKONSEP ANGKRINGAN YANG BIKIN BETAH

Nah, ngemeng-ngemeng, berawal dari keinginan untuk memiliki tempat kumpul-kumpul dan ngobrol , aku ,suami dan beberapa teman menjajal untuk membuka angkringan yang tidak jauh dari tempat tinggalku.
Tepatnya lokasinya didaerah Mijen,Semarang, belakang bank BRI MIJEN.
Kami bersepakat menamakan kafe sederhana berkonsep angkringan ini dengan nama “SINI AJA” biar mudah diingat.
Nongkrong dimana nanti sore? Di SINI AJA…

 

Flyer grand opening SINI AJA
Dan pada tanggal 28 Maret 2022 lalu kami melaksanakan grand opening SINI AJA KAFE di Umbul Sari RT1 RW1 Kel.Mijen Semarang. Tempatnya lumayan blusukan sih, tapi cukup kok kalau dilalui mobil.
Saat itu, yang meresmikan bapak Kadar Lusman (Ketua DPRD Semarang) yang menandai peresmiannya dengan membunyikan klotekan.
Bapak Kadar Lusman (atau biasa dipanggil pak Pilus) meresmikan SINI AJA
Bapak Kadar Lusman (atau biasa dipanggil pak Pilus) meresmikan SINI AJA

 

Kalau mau tau seperti apa acara pembukaannya, intip diSINI ya …

Mengapa lokasinya SINI AJA disini?

Sini Aja berlokasi tak jauh dari pemukiman penduduk dipinggiran Semarang, berdekatan dengan Mall Up Town yang bulan depan akan diresmikan, juga dekat dengan kampus Unika Soegijapranata Semarang, jadi memang cukup  aksesibel serta tempat parkir yang cukup luas.
 Masuknya pun tidak jauh dari jalan utama Mijen, jadi strategis dan bikin betah untuk nongkrong dari sore hingga tengah malam,apalagi dilengkapi WIFI dan live music pada acara-acara khusus.
fitness center di mijen
Ngeceng dulu demi pencitraan ..qiqiq

 

fitness center di mijen
Barbel komplit

 

 

Roti bluder dan kue-kue siap diproduksi di bakery Kola Kita
Selain menyediakan angkringan di lantai dasar, ada juga dapur kue yang biasa memproduksi bluder,chiffon ,kue manis disamping kafe, dan sekaligus tempat ngegym yang cukup komplit dengan peralatan baru-baru dilantai atas.
Jadi buat yang mau senam,yoga,gathering tidak terlalu besar sambil makan-makan ala angkringan, cap cyuz aja ke SINI AJA! 😍
fitness center di mijen

 

 

fitness center di mijen
Tempat ngegym dilantai atas SINI AJA KAFE ,dengan peralatan yang cukup komplit dan terjangkau banget

 

KEUNIKAN YANG SPESIAL DARI SINI AJA KAFE

Dari dekorasinya yang sederhana dan bangku serta meja yang bisa dipakai menikmati hidangan ala lesehan, juga ada gazebo di sisi kiri kafe.
Jadi sambil ngobrol, juga bisa bercanda sama ikan-ikan dibawah gazebo.
Ini nih suasana kafe SINI AJA , kamu harus lihat!
kafe sini aja di mijen

 

SINI AJA bisa pula dibooking untuk acara khusus bersama keluarga/teman dengan menu yang disesuaikan menurut permintaan.

 

Kafe ini mungkin baru ada satu-satunya di Semarang karena memiliki keunikan, yaitu makanan dan minumannya berbahan TAPE yang diolah secara kekinian. Ada Es Tape gula aren, Es Campur, wedang tape, dll.
(Btw aku yang kasih nama beberapa menunya, mengetes rasa sudah pas atau belum, mengkurasi sekaligus memotret..haha 😅).
Nama-namanya memang sengaja kami bikin unik ,karena biar para galawers seperti kalian-kalian yang singgah itu serasa senaseb …hihihi. *cup cup cup
menu tape ala kafe sini aja

 

 

menu tape ala kafe sini aja

 

Ini sebagian varian minuman yang disajikan diSINI AJA dengan nama-nama yang bikin ngikik buat para galawers

 

Selain minuman berbahan dasar tape dan yamg lainnya juga ada, disediakan pula ‘nasi kucing’ khas angkringan yang bikin nambah terus beserta lauk-lauk penyertanya .
Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik, dan lain-lain. Minuman yang dijual pun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe, susu, hingga minuman bubuk dalam kemasan. Pokoknya Semua dijual dengan harga yang sangat-sangat terjangkau.Mulai dari 3000an aja, loh gaez!
Ada juga makanan khas angkringan seperti sate satean, gorengan, getuk goreng, nasi bungkus, dll. Yang jadi favorit pastilah nasi rames bungkus daun pisang Dijamin 👍 mantep buanget!
Apalagi sebentar lagi mau puasa kan? Ada menu bukber diskon khusus yang bisa kalian order untuk rombongan loh.Asyoyyy..

 

menu angkringan ala kafe sini aja

 

 

 

 

menu angkringan ala kafe sini aja
Sebagian menu di SINI AJA KAFE

 

So,buat kalian yang berlokasi tidak jauh dari SINI AJA  kafe , silakan mampir yak, buka dari jam 17- 22 (atau by request).
Sambil menikmati makanan sambil bebas mengobrol hingga larut malam , karena pada hakrkatnya konsep angkringan adalah untuk saling ‘srawung’ , menyapa, meskipun tak saling kenal tentang berbagai hal atau kadang berdiskusi tentang topik-topik yang serius.

 

Jangan kuatir dengan harganya yang murah dan tempatnya yang santai membuat SINI AJA populer  sebagai tempat persinggahan untuk mengusir lapar atau sekadar melepas lelah apalagi sehabis ngegym ,bisa langsung turun kebawah untuk mengembalikan tenaga. (Sstt, banyak yang ganteng2 dan bule-bule,arab-arab loh,halahh)
menu angkringan ala kafe sini aja

 

Bisa ngopi-ngopi sekaligus makan menu angkringan di SINI AJA KAFE
Bisa ngopi-ngopi sekaligus makan menu angkringan di SINI AJA KAFE

 

I'm a movie maniac and travelholic. I'm passionate at Art, Travel, Fashion and Culinary. This blog is a place where I want to share all the things I love to you! Keep stay here to know my Adventure of Life. Contact me: archa_bella@yahoo.com

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts