ARCHA BELLA'S ADVENTURE

Keanu Reeves, Sosok Anomali Yang Inspiratif dan Patut Diteladani

Banyak sekali tokoh-tokoh inspiratif dimuka bumi ini, tetapi hanya sedikit yang aku kagumi dan membuat aku ingin meneladani sikapnya.Salah satunya adalah Keanu Reeves. Siapa sih yang tidak kenal dengan sosoknya yang ganteng dengan tampang blasteran bule dan oriental dan memainkan beberapa film Box Office?

Keanu Reeves adalah aktor yang lahir 2 September 1964 berkebangsaan Kanada. Dia lahir di Beirut dan dibesarkan di Toronto. Ayahnya bernama Samuel Nowlin Reeves dan ibunya bernama Patricia Taylor.Perpaduan etnis yang berbeda menyebabkan Keanu berdarah campuran Hawaii, Cina, inggris, Irlandia, dan Portugal.

 BEBERAPA FILM YANG DIBINTANGI KEANU REEVES

Reeves mulai berakting dalam produksi teater dan film televisi sebelum membuat debut film fiturnya di Youngblood (1986). Karirnya makin mantap setelah dia berperan dalam aksi heroik dalam film Point Break (1994) dan Speed (1994). Walaupun sedikit kecewa , Speed 2 tidak lagi dibintanginya.Bagaimana tidak, film-film yang dibintanginya hampir selalu mendulang pendapatan fantastis dan ditonton di banyak negara serta menjadi tontonan yang melegenda. Ketenarannya semakin besar saat dia berperan sebagai  Neo dalam seri fiksi ilmiah The Matrix, dimulai pada tahun 1999. Berlanjut sebagai John Constantine di Constantine (2005) dan membintangi drama romantis The Lake House (2006) . Masih ingat bagaimana ide cerita ini begitu cerdas dengan alur maju mundur dan plot twist tentang seorang arsitek yang hidup diera berbeda dengan pasangannya dan berjanji untuk ketemu. Pokoknya yang belum nonton wajib nonton! Dan setelah sempat meredup, Keanu Reeves menggebrak lagi dengan menjadi aktor dalam film John Wick  dimulai pada tahun 2014. Selain berakting, Keanu Reeves juga sempat menyutradarai film Man of Tai Chi (2013). Mungkin sudah lebih dari 50% film-filmnya sudah aku tonton , termasuk Johny Mnemonic, Chain Reaction, Little Budha , 47 Ronin  dan lain-lain karena memang sebagus itu  dan seganteng itu serta layak jual bagi produser.

Film-film yang dibintangi Keanu Reeves
Dibalik ketenarannya yang hampir semua orang mengenalnya sebagai aktor , pasti kalian pernah mendengar bagaimana kontribusinya untuk orang yang lemah dan terpinggirkan dengan menyumbangkan hartanya, dan itu tidak sedikit. Iya, dia adalah filantropi sejati yang tidak segan menyumbang dimanapun dia ingin. Betapa dia sudah mencapai tingkat kesadaran yang tinggi untuk berbagi walaupun diganjar kemasyuran dan popularitas yang luar biasa.
Walaupun terlihat berlimpah diluar, ternyata didalam jiwa Keanu Reeves sempat didera berbagai macam hantaman kehidupan.

MASA LALU KEANU REEVES PENUH UJIAN KEHIDUPAN

Fyi, Ayahnya adalah pengedar narkoba semenjak Keanu masih bayi dan ia ditangkap polisi saat mengedarkan narkoba di bandara Hawai dan kemudian dipenjara. Ayahnya kemudian meninggalkannya begitu saja Keanu kecil yang berusia tiga tahun dan ibunya.
Setelah orang tuanya bercerai pada tahun 1966, Pemeran Neo dalam film The Matrix ini kemudian ikut dengan ibunya pindah ke Sydney, Australia dan kemudian pindah ke New York. Ibunya bekerja sebagai desainer busana dan menikah lagi dengan pria bernama Paul Aaron yang bekerja di Perfilman Holywood.
Keanu Reeves dan kedua orang tuanya. (Sumber: Inet)
Keanu Reeves dan kedua orang tuanya. (Sumber: Inet)

 

Setelah perceraiannya dengan Aaron kemudian ia menikah lagi dengan pria bernama Robert Miller dan kemudian bercerai lagi. Kemudian menikah lagi dengan pria bernama Jack Bond tetapi kemudian mereka bercerai pada tahun 1994.
Bisa dibayangkan masa kecil Keanu yang harus hidup bersama tiga ayah tiri di Toronto, Kanada. Mungkin karena terlalu sering menyaksikan kekerasan di dalam rumah tangga orangtuanya, ia gagap. Ia sulit sekali untuk bicara senormal anak-anak seusianya. Penyakit Dyslexia ini pulalah yang membuat Keanu kenyang akan cemooh teman-temannya karena dianggap siswa idiot yang sulit ketika membaca. Dan selama kurun waktu lima tahun, Ia sudah pindah sekolah sebanyak empat kali.
Cita-citanya untuk menjadi pemain hockey terpaksa kandas karena dia tertimpa kecelakaan hebat.
Keanu pernah menikah  dengan pujaan hatinya bernama Jennifer Syme.
Sekian lama menjalin hubungan, Jennifer Syme mengandung anak dari Keanu Reeves. Namun tragisnya ketika usia kandungan Jennifer berumur 8 bulan, ia keguguran. Keanu kemudian menguburkan sendiri jenazah bayinya disusul isterinya meninggal pula dalam kecelakaan lalu-lintas. Masih belum usai kehidupan menguji kesabarannya dengan mengambil sahabat karibnya, River Phoenix, mati karena overdosis narkotik. Belum lagi adik perempuannya harus terus berjuang, bertahan dari siksaan leukemia. Ditinggalkan orang terdekat dan harus menghadapi realitas saat yang disayanginya harus bergelut dengan nyawa membuat Keanu Reeves menjadi pribadi yang kuat sekaligus rapuh.
Mungkin kalian berpikir , aktor setajir dia hidup di Mansion mewah dikelilingi berbagai macam fasilitas premium dan bodyguard yang siaga 24 jam. Ternyata itu salah besar. Seringkali paparazi memotret Keanu berjalan sendirian menyelusuri kota New York dengan kostum sederhana,meloncat dari kereta subway satu ke yang lain, tanpa adanya pengawalan. Rumah mewah standar aktor Hollywood papan atas tidak menjadi prioritasnya. Dia hanya cukup tinggal di apartemen biasa.
Keanu Reeves dan Sandra Bullock dalam film The Lake House
Keanu Reeves dan Sandra Bullock dalam film The Lake House
Salah satu cerita yang membuatku sangat salut , saat sedang shooting film “The Lake House”, Keanu tak sengaja mendengar obrolan dua orang asisten urusan kostum. Seorang di antaranya menangis karena bakal kehilangan rumahnya jika ia tak sanggup membayar cicilan USD 20.000. Tanpa pikir panjang , dihari itu juga dia mengirim sejumlah dana ke rekening sang asisten.
Tidak hanya itu saja, donasi yang telah dia sumbangkan mencapai USD 75.000.000 yang dia dapatkan dari Series The Matrix untuk disedekahkan pada banyak rumah sakit dan badan-badan amal.
Wow…ruaaarr biasa!
Kesederhanaan dibalut ketulusan hati yang menggetarkan juga tercermin saat dihari ulangtahunnya di tahun 2010 , saat itu ia mendatangi sebuah toko roti dengan berjalan kaki, membeli sepotong brioche dan sebatang lilin, dan memakannya di depan toko roti itu. Setiap orang yang berhenti untuk menyapanya ditawarinya minum kopi. Tidak ada kesombongan walaupun dia bisa saja bersikap jumawa dan acuh tak acuh seperti layaknya selebritis Hollywood yang sedang berada dipuncak ketenaran.
Tak segan dia menyambangi tunawisma dan gelandangan di Los Angeles, duduk berjam-jam demi mendengarkan curhat mereka. Tidak ada sekat, seolah lupa siapa dia sekarang.Kisah percintaan Keanu pun memang jarang diberitakan media. Sebab, ia merahasiakan perihal kehidupan pribadinya setelah putrinya, Eva meninggal.

KEANU REEVES , SOSOK YANG MENGINSPIRASIKU

 

Hidup memang mengandung keanehannya masing-masing. Mereka yang hatinya paling hancur terkadang merupakan orang-orang yang paling bersemangat membantu orang lain. Orang yang memiliki harta berlimpah, seringkali tidak mensyukuri keberlimpahan yang dititipkan padanya, dengan asyik berkutat dalam gempita hedonism, pamer sana-sini tanpa sedikit pun menoleh kebawah, menyentuh “bumi”.
Seperti  Keanu , aktor tampan yang bisa saja membeli apapun yang dia inginkan,dengan kekayaannya yang menyentuh sekitar Rp 5,1 triliun, bintang sejumlah film box office ini selalu tampil sederhana dan tidak suka kehidupan glamor. Alih-alih tenggelam dalam gemerlap gaya hidup Hollywood, dia memilih untuk menepi ,bergabung dengan orang-orang papa dan  menjadi manusia yang peduli pada nasib orang lain. Melihat disekitar kita ,terutama selebritis yang sekarang sering dibicarakan netizen karena berita viralnya, apakah mereka pernah terpikir seperti yang dilakukan Keanu Reeves? Atau malah sibuk cari sensasi demi terjaga kepopulerannya, walaupun abai dengan nurani dan etika?
Aaaah, mari kita mulai dari diri kita sendiri saja….
I'm a movie maniac and travelholic. I'm passionate at Art, Travel, Fashion and Culinary. This blog is a place where I want to share all the things I love to you! Keep stay here to know my Adventure of Life. Contact me: archa_bella@yahoo.com

0 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts