ARCHA BELLA'S ADVENTURE

ASUS ROG Strix G16 dan Strix Scar G18,Laptopnya Ekstrim Gamer

Memang pantas  jika julukan yang disematkan pada ASUS ROG masih menjadi laptop gaming terbaik di Indonesia , karena kemarin tepatnya Jumat sore, 16 Februari 2024, saya berkesempatan menyaksikan kehebatan dari salah satu lini ASUS ROG yang dikhususkan untuk para gamers enthusiast.

Bertempat di Hotel Awann Sewu Semarang, saya memenuhi undangan “ROG Innovation Blogger Gathering Roadshow”. Ada 2 laptop yang dipamerkan disana, yaitu ASUS ROG Strix G16 dan ROG Strix Scar G18. Sepintas dari penampilan luarnya, 2 laptop ini memang terkesan kokoh, bandel dan lumayan berat juga. Menurut saya ini wajar karena memang spesifikasi yang dibenamkan tergolong HIGH END, jadi jangan coba-coba menganggap remeh. Seperti apa sih kehebatannya? Mari kita kulik satu-persatu.

Acara tersebut menghadirkan mas Muhammad Firman selaku  Head of Public Relations ASUS Indonesia dan mbak Nadia Tasya selaku Public Relations ASUS Indonesia.  Menurut Muhammad Firman, Ada 3 lini utama dari ROG yang akan segera hadir di tahun ini sekitar bulan Maret nanti. Selain seri ROG Strix, akan hadir seri ROG Zephyrus G yang sangat stylish dan seri TUF Gaming yang menyasar  para gamers pemula.

ASUS ROG Strix G16 dan Strix Scar G18,Laptopnya Ekstrim Gamer

Sejak pandangan pertama, saya sudah terpesona dengan tampilannya yang hitam legam doff berbahan metal, berlogo khas ROG. Pantaslah laptop ini bakalan disukai para gamers ekstrim yang membutuhkan layar lebar, performa gahar dan prosesor optimal. Asus ROG kedatangan laptop gaming terbaru di tahun 2024 yaitu ASUS ROG Strix G16 dan ROG Strix Scar G18. Dibekali dengan CPU Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4090 dengan TGP hingga 175W, membuat laptop gaming ini dipastikan dapat melibas semua game yang ada di platform PC tanpa terkecuali. Apalagi laptop gaming ini sudah dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED, serta sistem pendingin yang dibekali dengan tiga kipas. Performanya yang sangat kencang juga membuat laptop gaming ini sangat ideal untuk eksperimen AI.

Selain ROG Strix SCAR 16/18, ASUS ROG juga memperkenalkan ROG Strix G16/G18. Meski demikian, laptop ini masih ditenagai oleh CPU hingga Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W dan sistem pendingin tiga kipas yang dapat menjaga suhu operasionalnya secara optimal.

ASUS ROG Strix G16 memiliki ketebalan 2,26-3.04 cm dengan berat 2,7kg. Keunggulan dari ROG Strix G16/G18 ,dia dijuluki sebagai WORLD’S BEST PERFORMANCE 16″ GAMING LAPTOP WITH TRI-FAN TECHNOLOGY. Sensasi bermain game lebih percaya diri berkat Tri-Fan Technology, ventilasi yang mengelilingi laptop dan Conductonaut Extreme Liquid Metal sehingga jika digunakan untuk kinerja tinggi dan durasi lama, laptop tidak cepat panas.

tri fan tecnology ASUS ROG STRIX G16
Muhammad Firman menjelaskan tentang teknologi ASUS ROG terbaru tahun 2024

 

ASUS ROG STRIX G16 ,LAPTOP IRIT DAN KENCANG UNTUK PARA EKSTRIM GAMERS

 

asus,rog,gamer,ASUS ROG,ekstrim gamer

 

Tipe yang satu ini sudah memakai prosesor Intel Core I9 Gen 14, GPU RTX 4070 Series, RAM 32 GB dengan storage 1 TB yang masih bisa ditambah lagi. Wow!

Layar yang dibenamkan beresolusi 2.5 K dengan colour gamut 100% DCI-P3 dengan refresh rate 240 Hz. Bisa dikatakan dengan spesifikasi sekeren ini, ASUS ROG Strix G16 adalah laptop gaming series menengah ke atas untuk brand ASUS. Ada 2 tipe yaitu G16 dan G18, dengan perbedaannya tentu saja diukuran layarnya untuk ROG Strix  G18 yang memiliki layar 18 inch. Nhah,… untuk kelas diatasnya, ditempati oleh ROG Strix Scar yang dalam kesempatan kemarin ikut dipamerkan dengan type ROG Strix Scar G18. Tentu saja dengan spek lebih tinggi, oleh ASUS ,laptop ini tidak hanya ditujukan untuk gamers saja ,namun juga konten kreator yang membutuhkan perangkat portable dengan performa ekstra tinggi .

 

asus,rog,gamer,ASUS ROG,ekstrim gamer

 

SPESIFIKASI ASUS ROG STRIX G16

PROSESOR:

Prosesor Intel Core I9 -14900HX, Raptor Like, Litografi Intel 7. Total ada 24 cores/32-threads yang terdiri dari 8 performance-cores dan 16 Efficient-cores. Base TDPnya adalah 55W dengan Max Turbo Power up to 157W. Frekuensi maximal Intel TVB di 5,8 GHz. Dan untuk Intel Smart Cache ada di 36 MB.

GRAFIS:

Untuk Integrated graphicnya dia memakai Intel UHD Graphics 32 Execution Units yang tentunya sudah mendukung Quick Sync dan AV1.

MEMORY :

Memory RAM 32 GB, DDR5-5600 Dual Channel dan memakai 2 keping SODIMM. Jadi masih bisa diganti jika membutuhkan opsi yang lebih tinggi lagi. Mancyap!

PENYIMPANAN :

Storage: 1 TB SSD NVMe PCle Gen 4. Total ada 2 slot disini jadi kita bisa upgrade tanpa harus  mengganti SSD bawaannya,tinggal tambahin aja.

  • NVIDIA GeForce RTX 4070 Laptop dengan Arsitektur ADA Lovelace, tentunya sudah mendukung fitur Path Tracing,Ray Tracing dan DLSS 3.5.
  • VRAM 8 GB GDDR6, Maximum TGP up to 140W dan sudah mendukung fitur Resizable Bar.
  • Di type ROG Strix G16 ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimum.
  • Terdapat GPU Power Saving pada software Armoury Crate yang gunanya untuk mengubah mode GPU yang bisa dipakai.

Adapun modenya ada Mode Ultimate (mode yang cocok saat terhubung dengan charger untuk memaksimalkan performa), Mode Standart (Mode Hybrid yang secara otomatis mengubah Integrated Graphics ke Discrete Graphics berdasarkan aplikasi apa yang sedang digunakan), Mode Eco (Mode ini menonaktifkan discrete GPU agar batere bertahan lebih lama tanpa charger ), Mode Optimized (Laptop akan mengubah dari Eco Mode ke Standart Mode secara otomatis sesuai kebutuhan).

 

performa rog strix g16

 

Konektivitas Wireless menggunakan Intel Wi Fi 6E AX211, bluetooth versi 5.3, dengan kapasitas batere lumayan besar di 90Wh dengan OS-nya memakai  Windows 11 Home.

Body:

Form Factornya berbentuk Clamshell dengan material Alumunium dan Polikarbonat.

Desain:

Sekilas masih mirip dengan ROG Strix G seri sebelumnya, yaitu ada garis diagonal dengan logo ROG. Pada area bawah yang menghadap ke pengguna, terdapat RGB Led Strip yang pengaturan cahayanya terintegrasi dengan backlit keyboard dan dapat diatur juga melalui software Armoury Crate.

Warna: Eclipse Gray, Dimensi (panjang,lebar,tebal) : 35,4cm ; 26,4cm ; 2,26cm. Bobotnya: Laptop di 2,38kg, charger 620gr, jadi ditotal 2,7 kg.

Display :

ROG Nebula Display 16 inch dengan IPS Level Panel dengan Resolusi QHD+ ratio 16:10, Refresh Rate 240Hz yang sudah mendukung teknologi NVIDIA G-Sync

  •  layar 16-inch
  • FHD+ 16:10 (1920 x 1200, WUXGA)
  • IPS-level dengan anti-glare display
  • sRGB: 100%
  • Refresh Rate: 165Hz  dengan Response Time: 7ms
  • G-Sync , MUX Switch + NVIDIA® Advanced Optimus
  • Sudah Support Dolby Vision HDR

Layar:

Sudah disertai sertifikasi TÜV Rheinland Low Bluelight dan Pantone Validated jadi buat konten kreator maupun main game, sudah enak banget nih dimata. Apalagi dengan permukaan layar anti glare sehingga nyaman jika ada pantulan cahaya yang mengganggu. Bezel pada layarnya tipis dengan Screen to Body Ratio mencapai 90%.

 

laptop gaming ROG Strix G16
Sangat nyaman dan memanjakan mata untuk para ekstrim gamers

KAMERA :

Webcam , kameranya beresolusi 720p30 fps, sedangkan untuk mikrofonnya sudah dilengkapi AI Noise Cancellation

AUDIO :

Audio: menggunakan 2 speaker yang mengarah ke bawah dan terletak disisi kanan kiri laptop

  • Smart Amp Technology
  • Dolby Atmos
  • AI noise-canceling technology
  • Hi-Res certification (for headphone)
  • Support Microsoft Cortana near field/far field
  • Built-in array microphone
  • 2-speaker system with Smart Amplifier Technology

KEYBOARD DAN TOUCHPAD :

Keyboard : Khas ROG Strix dengan travel  distance 2mm walaupun tidak dilengkapi dengan numpad. Sebagai laptop gaming ,keyboardnya sudah mendukung N-Key Rollover. Dilengkapi dengan backlit RGB per tombol dengan 3 tingkat kecerahan yang lagi-lagi bisa diatur dengan Armoury Crate.

Touchpad sudah menggunakan numberpad khas ASUS. Numberpad ini bisa diaktifkan dengan menyentuh area atas kanan touchpad selama beberapa detik.

TEKNOLOGI COOLING FAN:

Sistem Pendingin sudah menggunakan  ROG Intelligent Cooling dengan Tri-fan Technology dan Full-Surround Vents, dimana mencakup 3 kipas pendingin yang terdiri dari 2 ukuran besar, dan 1 ukuran kecil.

 

Sistem Pendinginan pada ROG Strix G16

 

BATERE : 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Baca juga : LAPTOP ASUS VIVOBOOK GO 14 UNTUK PELAJAR

ASUS ROG STRIX  SCAR G18 ,LAPTOP SPEK DEWA UNTUK PARA EKSTRIM GAMERS

Diatas level ROG Strix G16 ada juga ROG Strix Scar G18 yang diperkenalkan kemarin. Dengan Windows 11 pada ROG Strix SCAR 18 terbaru memperkenalkan layar 18 inci pada lini SCAR untuk pertama kalinya. Ditenagai prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX dan GPU laptop NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 dengan TGP maks 175W, SCAR G18 dapat dengan mudah mengatasi game-game yang membutuhkan spesifikasi tertinggi sekalipun. Laptop ini juga hadir dengan MUX Switch dengan dukungan pada NVIDIA Advanced Optimus,sangat mampu untuk mengeluarkan kemampuan GPU sesungguhnya saat bermain game. Mendukung DDR5 RAM hingga 64GB dan penyimpanan hingga 4TB PCIe Gen4x4, SCAR 18 dapat dengan mudah bermain, menyiarkan dan membuat konten pada saat yang bersamaan tanpa kesulitan. Tak heran jika ASUS ROG Strix Scar G18 ini merupakan Laptop spek dewa untuk para ekstrim gamers dan digital artists, streamer, editor video, ataupun para ahli di bidang animasi dan pengembangan game. Untuk dimensinya, sedikit berbeda dengan tipe sebelumnya,tentu saja layar lebih besar yaitu 18 inch, ROG Strix SCAR G18 ini memiliki berat 3,1 kg dengan dimensi 39.9cm x 29.4cm x 2.31cm .

 

performa rog strix g18

 

Jika diperbandingkan, berikut perbedaan dari tipe ROG STRIX dan ROG STRIX SCAR .

 

rog strix spesifikasi
Spesifikasi ASUS ROG STRIX G16/G18

 

rog strix scar 18
Spesifikasi ASUS ROG STRIX SCAR G16/G18

 

Kesimpulan:

Laptop gaming ROG 2024 ditenagai oleh hardware generasi baru, mulai dari CPU Intel® Core™ Ultra Series dan AMD Ryzen™ 8000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series. Hardware generasi terbaru tersebut tidak hanya sekadar tampil dengan performa yang lebih baik, tetapi juga efisiensi daya yang lebih unggul dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tidak berhenti sampai di situ, CPU generasi terbaru tersebut telah dirancang secara khusus untuk mendukung pemrosesan AI dengan hadirnya NPU (neural processing unit) sebagai bagian dari CPU package.

Performa unggul ROG tidak hanya disokong oleh CPU dan GPU saja. Penggunaan memori dan media penyimpanan berkecepatan tinggi merupakan salah satu alasan mengapa laptop gaming ROG selalu unggul dalam hal performa. Selain itu, sistem pendingin eksklusif ROG Intelligent Cooling membuat keseluruhan sistem dapat selalu berjalan dengan stabil sehingga memaksimalkan pengalaman para gamers saat menggunakan laptop gaming ROG.

Laptop Gaming ASUS ROG Strix G16 dan ROG Strix Scar G18 memang layak dijadikan pilihan bagi penyuka game dan konten kreator, editing foto maupun video yang butuh kinerja cepat dengan spek high end. GPUnya sudah sangat kencang parah dengan batere yang sangat irit jika digunakan  untuk membuka aplikasi secara bersamaan. Buat yang butuh laptop untuk 3d Rendering atau 3D Modelling, laptop ini juga sudah sangat affordable. Dengan dukungan standar HDMI 2.1 baru, total bandwidth laptop ROG Strix meningkat dari 18Gbps menjadi 48Gbps, sehingga memungkinkan gamer mendapatkan video berkualitas tinggi hingga 4K 120Hz atau bahkan 8K 60Hz dengan HDR10+ dan eARC.  Dalam segi kecepatan pengisian batere, buat para gamers yang membutuhkan durasi lama pemakaian laptop, hanya butuh 1 jam 40 menit saja untuk pengisian batere mencapai 100%. Dengan garansi 2 tahun global plus dilengkapi dengan ASUS Perfect Warranty di 1 tahun pertama.

 Buat para gamers , bolehlah sedikit menyombongkan diri untuk mendominasi kompetisi dalam setiap game-game terbaru. Didukung dengan MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus, baik ASUS ROG Strix G16 maupun ROG Strix Scar G18 dengan sukses mengeluarkan potensi sesungguhnya. Penyimpanan PCIe Gen4x4 SSD dan RAM DDR5 32GB dengan 4800Mhz, tempat game yang luas dan sesi-sesi multitasking yang intens menjadi hal yang menyenangkan pada laptop gaming ini.

Untuk kalian yang sudah tidak sabar menanti kapan 2 laptop gahar ini launching, nantikan di bulan Maret 2024 nanti.

 

media gathering roadshow asus rog

Tagged:
I'm a movie maniac and travelholic. I'm passionate at Art, Travel, Fashion and Culinary. This blog is a place where I want to share all the things I love to you! Keep stay here to know my Adventure of Life. Contact me: archa_bella@yahoo.com

21 COMMENTS

  1. Untuk masalah Game aku ngga mau main-main, udah pasti ROG jadi top choice. Dari segi spesifikasi dan performanya udah pasti gahar dan bisa diajakin main game berat apalagi game ringan. Tanpa keluhan ngelaq. Udahgitu, ngga cuma bisa buat main game, juga bisa dipake buat kerja. Jadi multifungsi ya..

  2. Beneran laptop yang jadi impian banyak gamers ya kak, dengan kemampuan yang luar biasa dan performa yang luar biasa membuat semua game berat apapuun terlibas dengan nyata, Kudu nabung nih kalau kepengen punya sih ya

  3. Weitss, emang ngga main-main kalau ASUS udah ngeluncurin produk baru. ngga cuma performanya aja yang gahar tapi prosesrnya juga pasti optimal. Udah ada pendingin ROG Intelligent Cooling yang bikin para gamers makin jatuh cinta.

  4. Duh gak perlu diragukan lagi deh untuk Laptop ROG. Emang laptop terbaik untuk para gamers. Spesifikasi dan kualitas terbaik dukung para gamers untuk berkarya.

  5. Sebagai seorang penggila teknologi yang salah satunya adalah laptop, saya cukup sering memantau perkembangan dari industri teknologi satu ini. Untuk laptop, Asus memang salah satu merek terkenal yang tidak main-main dan lini laptop gamingnya juga telah mendunia.

    Seperti 2 laptop yang sudah dibahas ini, melihat speknya saja sudah membuat saya geleng-geleng akan performa ngebut yang akan didapatkan jikalau diberi kesempatan untuk menyicipi mesin dari perangkat mobile di atas. Sebagai laptop kelas atas Asus, saya yakin mereka yang membeli 2 laptop ini adalah seorang sultan hehe.

    Terima Kasih ulasannya ya Kak.

  6. ASUS emang paling gahar kalo soal laptop gaming. jelas selalu unggu mau desain atau mesinnya. support banget buat pro gamers. Asli kalo pake ASUS buat equipment ngegame nya, gaming tuh udah bukan iseng tapi bisa jadi profesi.

  7. Laptop Asus ROG adalah dambaan setiap insan digital khususnya Gamers termasuk saya. Tapi entah kapan laptop itu hadir di meja kerja saya, karena cukup merogoh kocek yg dalam untuk mendapatkannya. Semoga impian saya dan kita semua dapat terwujud di tahun 2024 ini. Aamiin.

  8. Wahhh keren banget grafiknya, jernih. Produk dari ASUS emang andalan banget lah, apalagi kalau untuk gamer-gamer sejati seperti saya ini. Semoga bisa kebeli satu deh suatu saat hhi

  9. ASUS memang keren! Selalu terdepan mengeluarkan laptop dengan performa yang tangguh. Apalagi laptop untuk para gamer, ASUS terkenal gahar dengan spesifikasi yang canggih

  10. Wah semakin senang nih gamers ada laptop yang mumpuni dan speknya sesuai kebutuhan ya kak ,,jadi kepo mau coba laptopnya

  11. Keren ya Asus sekarang sudah pakai teknologi yang mendukung AI.

    Btw number pad adanya di sebelah mana dan fungsinya buat apa? Apa kotak kecil di mouse pad ya? Selama ini pakai asus tidak ngerti fungsi kotak kecil itu 😅

  12. Kalau mengikuti perkembangan teknologi laptop, sepertinya tidak ada habisnya ya mbak. Apalagi Asus selalu mengeluarkan produknya yang super keren. Saya aja pengen beli semua rasanya. Apalagi buat ngegame , pasti betere juga tahan lama

  13. Aku kalau mau cari laptop yang terjangkau tapi kualitasnya gahar pasti bakalan pilih Asus sih. Aoalagi sekarang variannya udah banyak banget, bahkan target pasarnya lebih khusus gitu. Jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  14. Wih laptop impian gamers banget ini. Spec-nya mantap jiwa. Pasti puas betul main game kalau laptopnya segahar ini. Bahkan buat yang non gamers juga pasti suka pakai laptop sekeren ini. Bisa banget untuk beragam kebutuhan dan aplikasi yang mumpuni

  15. Hihihi gak salah ya kalau laptop yang masuk ASUS ROG ini disebut spek dewa. Buat yang kesehariannya bekerja keras dengan laptop ini bisa jadi pilihan. Apalagi buat para pemain game profesional, kalau sering latihan pakai laptop ini bakalan makin jago karna spek yang mumpuni bikin latihan lancar.

  16. Suamiku pakai ASUS ROG..karena kebutuhan pekerjaan di bidang finance yang butuh laptop gahar macam ini. Apalagi seri terbaru yang launching Maret ini yang makin lengkap aja speknya…wah beneran memanjakan para gamer dan pekerja profesional yang butuh laptop yang setara. Keren!!

  17. laptop dengan fitur lengkap akan menjadi idaman banget ya, menjadi pendukung kerja dan bisa makin lebih cepat kerja selesai, lancar deh cuannya

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts